Gaya Hidup Beda, Tua-pun Beda

SERUJI.CO.ID – Saya pernah memberikan semacam materi tentang kiat hidup sehat di hari tua yang pesertanya pensiunan pegawai suatu Bank dan keluarganya. Pesertanya cukup banyak, dan saya lihat dari penampilannya, secara fisik berbeda dan bervariasi sekali. Mulai dari yang kelihatan sangat bugar, rambut masih hitam, duduk-tegak, berjalan masih tegar, sampai kepada yang kelihatan sangat tua, rambut putih semua, berjalan bungkuk dan menggunakan tongkat, lumpuh sebagian badannya. Bahkan ada yang datang didorong dengan kursi roda karena tidak dapat berjalan sama sekali, dan ada pula yang sedang mengalami cuci darah (Hemodialisa).

Melihat penampilan mereka yang sangat berbeda dan bervariasi ini mendorong saya untuk memberikan pertanyaan kepada yang hadir.

Pertanyaan itu adalah, apa yang mereka lakukan menghadapi hari pensiun selama ini. Sebagian besar menjawab, ada yang berinvestasi dalam bidang usaha, menabung, deposito, menyimpan dolar, membeli saham dan sebagainya yang semuanya terkait dengan uang, materi.

Dan, ketika Saya bertanya apa yang mereka lakukan untuk menghadapi hari tuanya terkait kesehatan? Jawabanya, sebagian besar mengikuti atau membeli polis asuransi kesehatan, di luar asuransi yang sudah diberikan perusahaan.


Dan, waktu Saya mengajukan pertanyaan lagi, apa yang mereka rencanakan sehubungan dengan kesehatanya di hari pensiun ini? Sebagian besar masih menjawab membeli polis asuransi, dan sebagian lagi diam saja.

Asuransi kesehatan bagi sebagian besar kita dianggap sebagai investasi untuk sehat. Dalam satu sisi mungkin benar juga, karena akan membantu tagihan pembiayaan konsultasi dokter, obat-obatan, dan biaya rawat inap rumah sakit. Tetapi asuransi masih mengacu kepada konsep sakit, anda sakit dulu baru asuransi membayar.

Asuransi kesehatan tidak menyinggung bagaimana agar anda tetap sehat, tapi bagaimana mereka membantu anda setelah anda jatuh sakit. Asuransi juga tidak membuat anda jadi sehat, tapi membantu anda mungkin sembuh, memperbaiki kualitas hidup anda.


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

TERPOPULER

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Diabetes: Kenali Penyakit Yang Jumlah Penderitanya Terus Meningkat (2)

Diabetes melitus adalah penyakit kronis, sekali seseorang didiagnosis sebagai penyandangnya, maka pada umumnya penyakit ini akan mendampinginya sepanjang usianya. Dengan kata lain, diabetes ini akan menjadi temannya selamanya.