Gangguan Kesehatan yang Biasa Terjadi pada Usia Lanjut

1
383
  • 3
    Shares

Disebut usia lanjut bila umur sudah memasuki 60 tahun ke atas, dan bila sudah menginjak umur 70 tahun keatas maka semakin tinggi resikonya untuk mengalami gangguan kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang biasa terjadi pada usia lanjut adalah sebagai berikut.

1Gangguan kesehatan pada mata (katarak)

Katarak adalah keruhnya lensa mata dikarenakan proses penuaan, lensa mata ibaratnya lensa kaca haruslah jernih agar pandangan yang melewati kaca tersebut bisa jelas. Nah didalam mata ada lensa semacam lensa kaca. Kekeruhan tersebut tidak bisa diterapi dengan obat tetapi harus dengan operasi.
Operasi katarak adalah sebuah upaya untuk mengambil lensa alami dari mata manusia untuk diganti dengan lensa kaca buatan manusia. Perkembangan ilmu kedokteran dibidang operasi katarak sudah sangat maju, sehingga sekarang ini ada operasi katarak yang minimal invasif dan tindakan operasinya hanya butuh waktu beberapa menit.

2Gangguan kesehatan pada telinga (pendengaran berkurang)

Pendengaran berkurang bahkan sampai tuli total. Ada alat bantu dengar yang bisa membantu meningkatakan kemampuan mendengar. Hanya saja di masyarakat kita masih ada perasaan rendah diri apabila disuruh memakai alat bantu dengar. Padahal alat bantu dengar ada yang terlihat modis sehingga terkesan memakai ear phone. Berbeda dengan kaca mata yang sudah lazim sekali kita temukan di masyarakat dan merkapun tetap percaya diri dalam memakainya, tidak ada perasaan malu maupun rendah diri.

3Gangguan kesehatan gigi ( berlubang sampai dengan ompong)

Gigi berlubang apalagi sampai ompong akan mengganggu fungsi mengunyah. Mengunyah merupakan proses awal pencernaan makanan, bila proses awal sudah terjadi gangguan bisa memperberat proses percernaan makanan selanjutnya terutama saat proses pencernaan di lambung.
Selain itu gigi ompong juga akan mengganggu penampilan. Disarankan untuk menggunakan gigi palsu dengan terlebih dahulu konsultasi dengan dokter gigi lebih bagus lagi konsultasi kepada dokter gigi spesialis gigi palsu. Tidak disarankan untuk menggunakan gigi palsu yang didapatkan dari tukang gigi. Gigi palsu selain berfungsi mengunyah juga bisa berfungsi memperbaiki penampilan.

4Gangguan kesehatan pada otot dan sendi (pegel linu)

Obat pegel linu mudah sekali kita temukan di pasaran, jangan terlalu sering mengkonsumsi obat pegel linu walaupun oleh penjualnya diakui sebagai jamu herbal karena seringkali ada oknum produsen obat herbal yang mencampurkan obat kimia dalam produksinya agar khasiatnya segera tampak. Dokterpun berhati-hati dalam meresepkan obat pegel linu dengan mempertimbangkan efek samping obat yang tidak diinginkan.

5Gangguan kesehatan pada otak (demensia / pikun)

Sekitar 1.4% lansia berumur 65 sapai 70 tahun bisa mengalami demensia/pikun, 2,8 % pada usia 71 sampai 75 tahun, 5,6% pada usia diatas 75 tahun. Gejalanya bervariasi dari yang ringan seperti mudah lupa, suka cemburu dll sampai dengan gejala yang berat misal keluyuran namun lupa jalan untuk pulang, gangguan keseimbangan tubuh sehingga mudah jatuh dll. Bila pikun sudah sangat mengganggu kenyamanan keluarga dan lingkungan sekitar maka berkonsultasilah dengan dokter speseialis syaraf untuk mendapatkan pengobatan dalam rangka mengurangi gejalanya. Demensia tidak bisa disembuhkan namun dengan minum obat gejalanya bisa dikurangi.

 

EDITOR: Iwan S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU