Dinkes Kupang Lakukan Pengasapan Cegah Wabah DBD

0
84
nyamuk demam berdarah
Petugas melakukan fogging (pengasapan) guna memberantas nyamuk demam berdarah (ilustrasi).

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Kupang melakukan pengasapan (fogging) mandiri di dua lokasi ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu mengantisipasi mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Dua titik lokasi fogging mandiri itu dilakukan di asrama Sekolah Polisi Negara (SPN) dan asrama Polda NTT. Ini sudah rutin kita bekerja sama dengan Polda,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr Ari Wijana di Kupang, Rabu (13/12).

Menurut dia, pengasapan dilakukan di dua lokasi itu, selain menjadi hal rutin karena kerja sama institusi kepolisian itu dengan dinas kesehatan, tetapi juga karena ditemukan dua kasus di lokasi itu.

Loading...

Dua kasus DBD yang ditemukan menyerang dua anak di dua lokasi itu sudah tertangani.

“Dan untuk membersihkan lokasi itu dari kemungkinan wabah kami lakukan fogging di dua lokasi itu,” katanya.

Selain dua lokasi itu, pengasapan juga akan dilakukan di sejumlah lokasi lainnya. Hal itu tergantung hasil pengamatan lapangan yang dilakukan petugas kesehatan di masing-masing kelurahan.

Dia mengaku bersyukur karena di periode tahun 2017 tidak terjadi KLB seperti pada 2015.

“Biasanya di periode ini sudah KLB namun syukurlah kali ini tidak terjadi, bahkan jumlah kasus juga hanya dua dan sudah dapat tertangani,” katanya.

Selain melakukan pengasapan dan antisipasi lainnya oleh dinas, masyarakat juga diminta untuk melakukan aksi mandiri dengan membersihkan rumah tempat tinggalnya.

Ia menyatakan perlu kerja sama masyarakat untuk bisa menjaga dan selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal dari sejumlah sampah yang menyebabkan air terus tergenang dan akan dijadikan sebagai sarang tempat berkembang virus serta jentik nyamuk penyebar Ddemam Berdarah Dengue (DBD).

Pola gerakan 3M Plus yaitu Mengubur, Menguras, dan Menutup segala bentuk sampah dan tempat air, serta menabur abate di setiap tempat air yang akan dimanfaatkan di rumah, demi menjaga kemungkinan berkembang biak jentik nyamuk tersebut.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU