Cegah Penyakit Difteri, Lengkapi Imunisasi Anak

0
9
imunisasi
Ilustrasi imunisasi

MATARAM, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengimbau masyarakat untuk melengkapi imunisasi anak untuk mencegah penyakit difteri yang saat ini mewabah di 20 provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Kamis (7/12), mengatakan meskipun hingga saat ini kasus penyakit difteri di Kota Mataram dan NTB pada umumnya belum ditemukan tapi upaya antisipasi harus tetap dilakukan.

“Pasalnya, penyakit mematikan yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diptheriae ini telah memakan puluhan korban jiwa setidaknya di 20 provinsi,” katanya.

Penyakit difteri, menurutnya, bisa dicebah dengan imunisasi DPT sebanyak tiga kali yakni pada umur 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan, untuk menunjang kekebalan tubuh.

Imunisasi DPT merupakan salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada bayi di  bawah lima tahun (balita), karena penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

“Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan,” katanya.

Menurutnya, salah satu penyebab munculnya penyakit difteri karena kekebalan tubuh anak kurang, sebab sesuai dengan pernyataan dari Menteri Kesehatan menyebutkan cakupan imunisasi anak di Indonesia di bawah 95 persen.

“Itulah yang menjadi sumber peluang terjadinya penyakit difteri. Untuk itu masyarakat harus antusias membawa anak-anaknya ke layanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi lengkap,” katanya.

Pasalnya ketika bakteri corynebacterium diptheriae sudah melekat ke gigi, maka bisa menutup saluran pernafasan sehingga anak gagal nafas dan meninggal. Bahkan ada juga yang efeknya ke jantung.

“Kita berharap kasus penyakit difteri tidak akan pernah ditemukan di NTB. Ayo imunisasi anak ke posyandu dan pelayanan kesehatan terdekat,” katanya.

Selain itu, Usman juga mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui gerakan masyarakat sehat. (Ant/SU03)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Airlangga Hartarto

Pleno Tunjuk Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar, Rabu (13/12) malam, memutuskan menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Setya Novanto yang kini tengah...
setnov, FPG

Perbuatan Setya Novanto Untungkan Orang dan Korporasi, Inilah Daftarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan orang lain dan korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (KTP-el). "Selain...
Jokowi

Indonesia Sampaikan Enam Usulan OKI Terkait Yerusalem

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID - Indonesia mengusulkan enam poin usulan penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Pertama,...

KANAL WARGA TERBARU

images(14)

Jangan Terlalu Berharap Dengan Hukum

Tulisan ini acap kali menjadi perbincangan hangat banyak pihak, khususnya masyarakat menengah kebawah. Meski tak semuanya benar, namun sesuai fakta yang dialami banyak pihak...

Calon Haji Pasca Stroke Ini Tetap Ingin Berangkat Haji

WONOGIRI - Bisa menunaikan rukun iman yang kelima merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia tak terkecuali muslim indonesia. Bahkan mereka yang secara fisik lemahpun...
4e3443b2632b8e8a4ea012759bd78a3e4f282447

Belajar Jadi Makmum Kalau Ingin Beriman

Shalat berjamaah adalah contoh bagaimana sebuah ukhuwah dibangun. Oleh karenanya, ibadah mulia itu berlipat kali nilainya di sisi Allah. Ukhuwah itu sendiri ciri keimanan, bagaikan...