Waduh, Ada Penumpang Berdiri dalam Pesawat Pakistan ke Saudi

4
156
  • 6
    Shares

KARACHI – Maskapai penerbangan milik pemerintah Pakistan sedang menyelidiki bagaimana tujuh penumpang melakukan perjalanan dari Karachi ke Arab Saudi sambil berdiri di lorong pesawat. Demikian dikambarkan Hindustan Times, Sabtu (25/2).

Para penumpang itu dibolehkan naik pesawat Pakistan International Airline (PIA) ke Madinah pada 20 Januari meskipun setiap kursi sudah terisi. Boeing 777 itu berkapasitas total 409 kursi, termasuk untuk staf. Tapi, pesawat itu membawa 416 penumpang.

Para penumpang tambahan diberi boarding pass tulisan tangan, bukan komputer, untuk penerbangan tiga jam. Daftar dari komputer yang diberikan pada awak pesawat oleh staf darat tidak menyebutkan tujuh penumpang itu.

Kabar penumpang berdiri itu diungkap surat kabar Dawn, sehingga mendorong investigasi maskapai penerbangan itu. Dawn melaporkan, awalnya manajemen PIA tidak mengambil tindakan terhadap pihak yang menyebabkan tambahan penumpang.

Kasus penumpang tambahan merupakan pelanggaran serius atas aturan keselamatan udara. Kehadiran penumpang berdiri bisa menyebabkan masalah saat terjadi keadaan darurat. Penumpang itu tidak akan memiliki akses masker oksigen dan bisa menghambat evakuasi darurat.

Anwar Adil, kapten penerbangan, baru tahu kelebihan penumpang tambahan setelah take-off. “Saya keluar dari kokpit, petugas senior memberitahu ada beberapa orang tambahan yang dititipkan staf darat,” katanya dikutip Dawn. ‚ÄúTapi, saya tidak bisa kembali ke Karachi karena berarti membuang bahan bakar yang tidak baik untuk kepentingan maskapai.”

EDITOR: Omar Ballaz

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU