Waduh, Ada Penumpang Berdiri dalam Pesawat Pakistan ke Saudi

KARACHI – Maskapai penerbangan milik pemerintah Pakistan sedang menyelidiki bagaimana tujuh penumpang melakukan perjalanan dari Karachi ke Arab Saudi sambil berdiri di lorong pesawat. Demikian dikambarkan Hindustan Times, Sabtu (25/2).

Para penumpang itu dibolehkan naik pesawat Pakistan International Airline (PIA) ke Madinah pada 20 Januari meskipun setiap kursi sudah terisi. Boeing 777 itu berkapasitas total 409 kursi, termasuk untuk staf. Tapi, pesawat itu membawa 416 penumpang.

Para penumpang tambahan diberi boarding pass tulisan tangan, bukan komputer, untuk penerbangan tiga jam. Daftar dari komputer yang diberikan pada awak pesawat oleh staf darat tidak menyebutkan tujuh penumpang itu.

Kabar penumpang berdiri itu diungkap surat kabar Dawn, sehingga mendorong investigasi maskapai penerbangan itu. Dawn melaporkan, awalnya manajemen PIA tidak mengambil tindakan terhadap pihak yang menyebabkan tambahan penumpang.

Kasus penumpang tambahan merupakan pelanggaran serius atas aturan keselamatan udara. Kehadiran penumpang berdiri bisa menyebabkan masalah saat terjadi keadaan darurat. Penumpang itu tidak akan memiliki akses masker oksigen dan bisa menghambat evakuasi darurat.

Anwar Adil, kapten penerbangan, baru tahu kelebihan penumpang tambahan setelah take-off. “Saya keluar dari kokpit, petugas senior memberitahu ada beberapa orang tambahan yang dititipkan staf darat,” katanya dikutip Dawn. “Tapi, saya tidak bisa kembali ke Karachi karena berarti membuang bahan bakar yang tidak baik untuk kepentingan maskapai.”

EDITOR: Omar Ballaz

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.