Tim Italia-Turki Tuntaskan Renovasi Masjid Istanbul

ISTANBUL – Masjid kuno Sheikh Suleyman dibuka kembali untuk umum, Rabu (22/2), setelah direnovasi sebagai bagian dari Proyek Pendidikan Med-Art oleh Direktorat Jenderal Yayasan Turki dan Asosiasi Arsitektur, Seni dan Kota Restorasi dari Italia.

Daily Sabah melaporkan, Wakil Perdana Menteri Veysi Kaynak dan Menteri Ekonomi Nihat Zeybekci menyertai Menteri Ekonomi dan Pembangunan Italia Carlo Calenda dalam pembukaan masjid di kawasan Zeyrek distrik semenanjung bersejarah Fatih di kota Istanbul ini.

Interior indah Masjid Istanbul.

Masjid kuno ini awalnya dibangun sebagai tempat pemakaman dan dirancang menggunakan gaya arsitektur Romawi. Kemudian, bangunan ini dijadikan masjid oleh Sheikh Suleyman Efendi dari Ottoman setelah penaklukan Istanbul pada 1453.

Kaynak mengatakan bangsa Ottoman dan bangsa Roma pernah memerintah dunia tetapi tidak melakukan ‘imperialisme budaya.’ Proyek restorasi itu refleksi dari pemahaman tidak melakukan imperialisme budaya. “Bersama-sama, kita harus memberdayakan nilai-nilai peradaban, dan bukannya membentrokkan,” katanya.

Calenda mengatakan, masjid merupakan simbol penting. Restorasinya bertujuan ‘melestarikan’ tanda-tanda bagunan dari ‘segala zaman’ termasuk mengacu ke zaman Bizantium. “Ini adalah harmoni yang mencerminkan kerjasama dan hubungan antara Italia dan Turki,” kata Calenda.

Dalam renovasi kali ini, mimbar ditambahkan sehingga bangunan ini dapat digunakan untuk shalat Jumat. Renovasi paling luas dilakukan antara 2013 dan 2017, sebagai bagian dari Proyek Pendidikan Med-Art. Pada abad ke-19, akhir era Ottoman, masjid sempat direnovasi karena kerusakan akibat bencana alam. Masjid Sheikh Süleyman ini pertama direstorasi pada pertengahan abad ke-18 akibat gempa atau kebakaran.

Proyek Pendidikan Med-Art membuat masjid ini juga berfungsi menjadi laboratorium konservasi. Tim ahli teknis dari Turki dan Italia mendapat kesempatan bertukar pengetahuan dan pengalaman.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER