Suriah Desak Penarikan Segera Tentara Turki dari Idlib

0
104
Militer Turki di Suriah
Konvoi Operasi Militer Turki memasuki wilayah Idlib Suriah, Kamis, 12/10/2017. (Foto: Arabnews)

DAMASKUS, SERUJI.CO.ID – Kementerian Luar Negeri Suriah pada Sabtu (14/10) mendesak dilakukannya penarikan segera pasukan Turki dari daerah yang mereka masuki di Provinsi Idlib, demikian laporan kantor berita resmi Suriah, SANA.

Kementerian tersebut menyatakan “penyusupan” pasukan Turki ke dalam Idlib dipandang sebagai “agresi nyata, dan takkan bisa membenarkannya”.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah kendaraan lapis baja dan tentara Turki menyeberangi perbatasan dan memasuki Idlib sebagai bagian dari operasi yang dikatakan Turki bertujuan memaksa dihentikannya pertempuran di Idlib.

“Agresi Turki ini tak berkaitan dengan saling pemahaman antara negara yang terlibat dalam pembicaraan Astana, tapi merupakan pelanggaran terhadap kesepahaman semacam itu,” kata Kementerian tersebut.

Terlebih lagi, Kementerian itu menuduh penyusupan Turki tersebut dilakukan dengan disertai masuknya anggota Front An-Nusra, yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida. Itu, kata Kementerian tersebut, adalah “bukti mengenai eratnya hubungan antara Turki dan kelompok teror itu”.

Kementerian tersebut menyatakan pasukan Turki mesti ditarik tanpa prasyarat apa pun. Ditambahkannya, Pemerintah Turki telah “terlibat dalam mendukung pelaku teror di Suriah dan tak bisa dipercaya dengan pernyataan memerangi terorisme”.

suriah, irak
Peta konflik Suriah dan Irak (12 Maret 2017). (Foto: BBC)

Sementara itu, pernyataan militer Turki menyatakan pasukannya akan mendirikan pos pengawasan di dalam Idlib, dan mengatakan itu adalah bagian dari kesepakatan dengan Rusia dan Iran, ketika beberapa negara, selama babak paling akhir pembicaraan di Astana, Kazakstan, sepakat untuk menciptakan zona penurunan ketegangan di Idlib.

Sebagian besar wilayah Idlib, di bagian barat-laut Suriah, dikuasai oleh Hayat Tahrir Ash-Sham (HTS), satu payung mujahidin. Front An-Nusra, yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida, menjadi kekuatan yang dominan di dalam payung mujahidin tersebut dan dimasukkan ke dalam organisasi teroris oleh Suriah.

Idlib juga berada di dekat Daerah Afreen, yang dikuasai oleh Suku Kurdi, di Provinsi Aleppo. Turki telah lama berusaha mengendalikan wilayah itu guna mengakhiri pengaruh gerilyawan Kurdi yang terus meningkat. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...