Presiden Azerbaijan Tunjuk Istrinya Jadi Wapres Pertama

66
Presiden Ilhan Aliyev bersama istrinya Mehriban Aliyeva. (image: courtesy to @mehribaneliyeva)

BAKU – Sebagai penguasa tertinggi di Azerbaijan, Presiden Ilham Aliyev mengeluarkan dekrit untuk mengangkat istrinya, Mehriban Aliyeva, menjadi wakil presiden pertama. BBC News, Selasa (21/2), mengabarkan dekrit itu tidak merinci tugas Mehriban. Namun, undang-undang menyebut wakil presiden pertama akan mewakili presiden saat presiden bertugas ke luar negeri.

Jabatan wakil presiden dan wakil presiden pertama (yang lebih senior) baru diperkenalkan tahun lalu setelah undang-undang referendum membuka jalan bagi pelimpahan kekuasaan jika presiden tidak mampu menjalankan pemerintahan. Referendum itu juga memperpanjang masa jabatan presiden dari lima tahun menjadi tujuh tahun.

Ilham Aliyev mulai berkuasa pada 2003. Ia menggantikan ayahnya Heydar Aliyev yang memerintah negara kaya minyak itu sejak 1993. Kaum oposisi menganggap ada dinasti Aliyev. Isa Gambar, pemimpin partai oposisi Musavat, menyebut, “Dinasti keluarga seharusnya tak mendapat tempat pada abad ke-21.”

Mehriban Arif qizi Aliyeva lahir 26 Agustus 1964 di Baku. Ia pernah menjadi anggota Dewan Nasional Azerbaijan, menjadi Goodwill Ambassador untuk UNESCO, dan ketua beberapa organisasi kebudayaan. Mehriban Aliyeva menikah dengan Ilham Aliyev pada 1984, dan memiliki dua anak perempuan, Leyla dan Arzu, dan satu anak lelaki, Heydar.

Mehriban Aliyeva lulus sekolah menengah umum Nomor 23 di Baku pada 1982 dengan penghargaan medali emas. Ia belajar di Universitas Kedokteran Negeri Nariman Narimanov. Dia melanjutkan studi di Akademi Kedokteran Sechenov Moskow (saat ini jadi Universitas Kedokteran Pertama IM Sechenov Moscow), dan lulus dengan kehormatan pada 1988. Dia bekerja di Institut Riset Ilmiah Penyakit Mata Moskow di bawah kepemimpinan akademisi Krasnov pada 1988-1992.

EDITOR: Omar Ballaz

loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama