Polisi Saudi Gagalkan Serangan Bom Bunuh Diri di Masjidil Haram

MEKAH – Pasukan keamanan Arab Saudi pada hari Jumat (23/06) menggagalkan serangan bom bunuh diri di Masjidil Haram di kota suci Mekah.

Tersangka penyerang meledakkan dirinya sendiri ketika petugas keamanan mengepung bangunan tempat dia berada, kata pejabat Kementerian Dalam Negeri

Dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah, pejabat kementerian tersebut mengatakan bahwa tiga sel teroris telah merencanakan serangan terhadap pengunjung dan pasukan keamanan di masjid tersebut saat bulan suci Ramadhan mendekati puncaknya.

“Pelaku bom bunuh diri yang terperangkap itu beradu tembakan dengan pasukan keamanan, lalu memicu peledak saat dia dikepung di sebuah rumah di distrik Ajyad al-Masafi, dekat masjid yang dijadikan basis serangan tersebut,” kata pejabat kementerian tersebut, dikutip dari Reuters (24/06).

Bangunan itu lantas hancur, melukai enam warga negara asing dan lima anggota pasukan keamanan.

Sebelumnya pada hari yang sama, pasukan keamanan Saudi telah menembak mati seorang buronan di tempat persembunyian kelompok militan lain di lingkungan al-Aseelah Mekkah. Kementerian tersebut juga mengatakan bahwa sebuah sel teroris ketiga telah berhasil dibongkar di kota Jeddah.

Pada operasi tersebut, lima tersangka militan termasuk seorang wanita ditangkap, katanya.

Bulan puasa berakhir dengan liburan Idul Fitri, yang diperkirakan akan berlangsung pada hari Ahad (25/06). Para anggota kerajaan Saudi biasanya menghabiskan 10 hari terakhir bulan Ramadhan di kota Mekah.

Meskipun begitu kegiatan peribadatan di Masjidil Haram berlangsung lancar seperti biasa. Stasiun TV Al Arabiya menyiarkan cuplikan ibadah Muslim yang sedang beribadah di masjid, tanpa gangguan.

Belum jelas siapa otak di belakang insiden penyerangan Masjidil Haram ini, namun kelompok ISIS sebelumnya tercatat pernah melakukan serangan di kerajaan tersebut. Pada bulan Mei 2016, pasukan keamanan Saudi menembak mati dua terduga anggota ISIS di luar Mekah, dan dua lainnya meledakkan diri di luar Mekkah. (M.Gauzal/IwanY)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.