Perkenalkan, Ini Taksi Terbang untuk Dubai

Ilustrasi taksi delapan baling-baling yang akan melayani rute Dubai.

DUBAI – Pemerintah kota Dubai telah menguji prototipe of taxi-terbang-sendiri buatan Cina dengan tujuan diperkenalkan di Uni Emirat Arab pada Juli. Uji terbang drone bermuatan seorang dilakukan saat keemiran itu memastikan punya alat transportasi terbang-sendiri sebelum 2030.

“Kendaraan udara yang dipamerkan dalam World Government Summit ini bukan sekadar model. Kami sudah mengalami terbang dengan kendaraan itu di udara Dubai. Itu untuk mengurangi kemacetan lalu lintas darat,” begitu pernyataan tertulis kepala otorita perhubungan Mattar al-Tayer, Senin (13/2).

Drone berjuluk EHang 184 bisa terbang menurut arah yang diprogram dengan kecepatan 100 km/jam di ketinggian 300 meter. Penumpang tinggal duduk lalu memilih tujuan agar taksi otonom ini lepas landas, terbang ke tujuan, lalu mendarat di tempat terpilih. Perjalanannya dipantau pusat kendali di darat.

Menurut pernyataan Tayer, taksi udara buatan Cina ini bisa diisi ulang listriknya selama dua jam dan bisa terbang 30 menit. Quadcopter ini digerakkan oleh delapan baling-baling, punya sensor kuat, dan tahan temperatur ekstrim.

Selain dengan Cina, Dubai pada November lalu teken kontrak dengan perusahaan Hyperloop One dari Amerika Serikat untuk mempelajari pembangunan jaringan transportasi near-supersonic (nyaris menyamai kecepatan suara) dari dan ke ibukota Abu Dhabi.

Dubai, tempat berdirinya tower tertinggi Burj al-Khalifa dan berbagai bangunan hebat lainnya, menjadi daya tarik wisata terbesar di kawasan Teluk. Pada 2016, ada 14,9 juta wisatawan datang. (*)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER