Kuwait: Qatar Siap Dialog

0
107
emir kuwait, sabah al-ahmad al-jabar
Emir Kuwait, Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, telah berperan aktif dalam mediasi negara-negara Arab untuk menyelesaikan krisis. (Foto KUNA/AP)

KUWAIT CITY – Pemerintah Kuwait pada hari Ahad (11/6) mengatakan, Qatar bersedia mengadakan dialog dengan negara-negara Teluk Arab yang memutuskan hubungan diplomatik dengan negaranya dan siap mendengarkan keprihatinan mereka, dalam sebuah perkembangan baru dari krisis diplomatik yang terjadi antara negara-negara tersebut.

“[Kuwait] telah memastikan adanya kesiapan saudara-saudara di Qatar untuk memahami keraguan dan kekhawatiran saudara-saudara mereka dan untuk mengupayakan peningkatkan keamanan dan stabilitas,” kata Menteri Luar Negeri Syaikh Sabah al-Khalid al-Sabah, yang dikutip kantor berita Kuwait KUNA, Ahad (11/6).

“Kuwait juga menekankan keniscayaan untuk menyelesaikan perbedaan ini dalam kerangka negara-negara Teluk,” tambahnya.

Al Jazeera, yang melaporkan dari Kota Kuwait, mengatakan bahwa menteri luar negeri Kuwait juga menekankan negaranya akan terus melakukan mediasi dengan tujuan memperbaiki hambatan dan menyelesaikan akar penyebab perbedaan. 

Kuwait telah berada di baris depan upaya mediasi untuk meredakan krisis yang meningkat setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, bersama dengan Mesir dan sekelompok negara yang lebih kecil, memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada hari Senin (5/6), dan menuding Qatar mendukung terorisme -tuduhan yang dibantah Doha.

Tiga negara Teluk juga memberlakukan blokade darat, laut dan udara, dan memerintahkan semua warga negara Qatar keluar dalam waktu 14 hari, sambil memanggil warganya sendiri untuk kembali. (M.Gauzal/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU