Konvoi Pertama Militer Turki Masuki Wilayah Idlib Suriah

IDLIB, SERUJI.CO.ID – Iring-iringan pertama operasi militer Turki di provinsi Idlib, Suriah memasuki wilayah tersebut pada Kamis (12/10), kata dua orang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan seorang saksi.

Iringan terdiri dari sekitar 30 kendaraan militer, kata Abu Khairo, seorang komandan kelompok FSA yang bermarkas di daerah itu. Rombongan memasuki wilayah Suriah di dekat persimpangan Bab al-Hawa, menurut saksi dari kalangan warga sekitar.

Mereka menuju ke Sheikh Barakat, daerah puncak bukit yang dapat memandang sebagian besar wilayah Suriah barat laut, daerah tersebut dikuasai oleh FSA. Selain itu juga dapat memantau daerah Afrin yang dikuasai oleh milisi YPG Kurdi.

Iring-iringan tersebut dikawal oleh petempur dari Tahrir al Sham, sebuah kelompok sekutu gabungan yang anggotanya termasuk bekas jaringan dari al-Qaida yang sebelumnya dikenal sebagai Front Nusra, kata Abu Khairo.

“Rombongan tentara Turki masuk di bawah perlindungan Tahrir al-Sham mengambil kedudukan di garis depan terhadap YPG,” kata petempur FSA lainnya di daerah tersebut.

Turki mengatakan pada Sabtu bahwa pihaknya akan melakukan sebuah operasi militer di Idlib dan sekitarnya sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai bersama Rusia dan Iran pada bulan lalu, untuk menerapkan sebuah daerah “penurunan ketegangan” di Suriah barat laut.

Daerah tersebut merupakan salah satu dari beberapa wilayah yang dibentuk di sekitar Suriah untuk mengurangi peperangan antar pemberontak, termasuk kelompok yang didukung oleh Turki, dan pasukan pemerintah dukungan Rusia dan Iran.

suriah, irak
Peta konflik Suriah dan Irak (12 Maret 2017). (Foto: BBC)

Tahrir al-Sham menentang kesepakatan tersebut, namun perannya dalam mengawal regu pengintai Turki pada Ahad menunjukkan bahwa tidak mungkin terjadi perselisihan militer langsung antara para petempur pemberontak dan Turki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER