Konvoi Pertama Militer Turki Masuki Wilayah Idlib Suriah

0
187
Militer Turki di Suriah
Konvoi Operasi Militer Turki memasuki wilayah Idlib Suriah, Kamis, 12/10/2017. (Foto: Arabnews)

IDLIB, SERUJI.CO.ID – Iring-iringan pertama operasi militer Turki di provinsi Idlib, Suriah memasuki wilayah tersebut pada Kamis (12/10), kata dua orang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan seorang saksi.

Iringan terdiri dari sekitar 30 kendaraan militer, kata Abu Khairo, seorang komandan kelompok FSA yang bermarkas di daerah itu. Rombongan memasuki wilayah Suriah di dekat persimpangan Bab al-Hawa, menurut saksi dari kalangan warga sekitar.

Mereka menuju ke Sheikh Barakat, daerah puncak bukit yang dapat memandang sebagian besar wilayah Suriah barat laut, daerah tersebut dikuasai oleh FSA. Selain itu juga dapat memantau daerah Afrin yang dikuasai oleh milisi YPG Kurdi.

Iring-iringan tersebut dikawal oleh petempur dari Tahrir al Sham, sebuah kelompok sekutu gabungan yang anggotanya termasuk bekas jaringan dari al-Qaida yang sebelumnya dikenal sebagai Front Nusra, kata Abu Khairo.

“Rombongan tentara Turki masuk di bawah perlindungan Tahrir al-Sham mengambil kedudukan di garis depan terhadap YPG,” kata petempur FSA lainnya di daerah tersebut.

Turki mengatakan pada Sabtu bahwa pihaknya akan melakukan sebuah operasi militer di Idlib dan sekitarnya sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai bersama Rusia dan Iran pada bulan lalu, untuk menerapkan sebuah daerah “penurunan ketegangan” di Suriah barat laut.

Daerah tersebut merupakan salah satu dari beberapa wilayah yang dibentuk di sekitar Suriah untuk mengurangi peperangan antar pemberontak, termasuk kelompok yang didukung oleh Turki, dan pasukan pemerintah dukungan Rusia dan Iran.

suriah, irak
Peta konflik Suriah dan Irak (12 Maret 2017). (Foto: BBC)

Tahrir al-Sham menentang kesepakatan tersebut, namun perannya dalam mengawal regu pengintai Turki pada Ahad menunjukkan bahwa tidak mungkin terjadi perselisihan militer langsung antara para petempur pemberontak dan Turki.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Ignasius Jonan

Beda dengan Sri Mulyani, Ignasius Jonan Akui “HoA” Freeport Tak Mengikat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan pemerintah terkait head of agreement (HoA) dalam pembelian Freeport mulai saling bertolak belakang. Bila sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa HoA...

Pemprov DKI Undang Pemasang Bendera Asian Games Pakai Bambu ke Balai Kota

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengundang Thamran (40), salah satu warga Penjaringan yang memasang bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan...
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Idrus Marham Diperiksa Terkait Suap PLTU Riau 1 Saat Jabat Sekjen Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Sosial Idrus Marham mengaku sudah kenal lama dengan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga...

Jabatan Ngabalin Bertambah, Kini Diangkat Sebagai Komisaris Angkasa Pura I

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politisi Golkar Ali Mochtar Ngabalin yang belum lama ini diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi...
Obar Asian Games 2018

Kapolda Hingga Gubernur Jateng Ikut Bawa Obor Asian Games 2018

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Pawai obor Torch Relay Asian Games 2018 digelar guna menyambut ajang ini dengan...