Istanbul Larang Keras Pawai LGBT

0
130
istanbul, lgbt
Pawai LGBT di Istanbul, tahun 2015, sebelum dibubarkan polisi dengan gas air mata. (Foto: Istimewa)

ISTANBUL – Gubernur Istanbul melarang pawai “Bangga Menjadi LGBT”, yang akan berlangsung di kota itu pada Ahad (25/6), dengan alasan keamanan setelah muncul ancaman dari kelompok ultra-nasionalis, apalagi momennya bertepatan dengan umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Itu akan menjadi tahun kedua pelarangan pawai LGBT di Istanbul, yang digambarkan pada masa lalu sebagai yang terbesar di dunia Muslim, oleh pemerintah kota tersebut.

Reuters melaporkan, kelompok ultra-nasionalis Alperen Hearths pada pekan lalu mengancam mencegah pawai itu jika pihak berwenang tidak bertindak. Kemudian Gubernur Istanbul pada Sabtu (24/6) mengambil keputusan demi keamanan pengunjuk rasa, wisatawan, dan ketertiban umum.

Para aktivis kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) sebelumnya sudah mengumumkan melalui media sosial bahwa mereka akan mengadakan pawai yang dimulai dari Lapangan Taksim.

Pada dua tahun lalu, polisi menggunakan gas airmata dan meriam air untuk membubarkan peserta pawai LGBT, setelah penyelenggara mengatakan izinnya ditolak karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Pengecam menyatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Partai AK-nya, yang berakar Islam, menunjukkan sedikit minat untuk memperluas hak kaum minoritas dan LGBT, serta tidak menenggang perbedaan pendapat. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU