Israel Tutup Akses Masjid Al-Aqsa

RAMALLAH – Otoritas Israel, pada Kamis (29/6), menutup akses Masjid Al-Aqsa untuk Muslim yang ingin beribadah di sana. Tindakan tersebut memancing kemarahan otoritas Palestina. Otoritas Palestina menilai aksi rezim Zionis Israel tersebut merupakan bentuk nyata pelanggaran terhadap aturan internasional.

Sebelumnya, Israel biasanya hanya melarang Muslim di bawah usia tertentu untuk tidak beribadah di Al-Aqsa. Namun, pada Kamis lalu, mereka melarang setiap Muslim untuk memasuki Masjid Al-Aqsa.

“Polisi Israel menutup Masjid Al-Aqsa untuk semua Muslim,” kata direktur jenderal urusan Al-Aqsa Azzam al-Khatib, seperti dilaporkan laman Asharq Al-Awsat, Jumat (30/6).

Ketika para Muslim dilarang beribadah di Masjid Al-Aqsa, kepala kepolisian Israel Yuram Levi, bersama anggota ekstremis Yahudi justru memasuki masjid tersebut. Mereka hendak memperingati hari kematian Hallel Ariel, seorang gadis yang dilaporkan dibunuh oleh warga Palestina di Al-Khalil, Hebron.

“Sepak terjang militer rezim Zionis Israel menutup masjid Al-Aqsa, yang terletak di daerah timur Baitul Maqdis bertentangan dengan seluruh nilai moral dan hak asasi manusia, sekaligus merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap aturan dan hukum internasional,” ungkap juru bicara Otoritas Palestina, Tareq Rashmawi hari Kamis (29/6).

“Daerah timur Baitul Maqdis selamanya akan tetap menjadi ibu kota negara Palestina, dan rangkaian kejahatan rezim Zionis tidak akan bisa menghalangi bangsa Palestina untuk mewujudkan tujuannya membentuk negara merdeka Palestina, dengan ibu kota Baitul Maqdis,” ujar Rashmawi.

Rahsmawi juga meminta agar masyarakat internasional, terutama umat Islam untuk mengambil keputusan cepat dan mengikat guna menghentikan pihak berwenang Israel melakukan kejahatan lainnya terhadap rakyat Palestina. Termasuk tempat-tempat suci milik umat Islam.

Hakim syariat tertinggi di Otoritas Palestina, Mahmoud al-Habash, menilai tindakan rezim Zionis Israel melarang Muslim untuk beribadah di Al-Aqsa dapat memicu konflik agama.

“Dalam mengambil langkah semacam itu, Israel mengizinkan genderang perang agama dengan menghasut sentimen keagamaan dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia,” ujarnya.

Al-Habash meminta semua masyarakat Arab agar rutin berkunjung ke Al-Aqsa. Hal tersebut guna mencegah Zionis Israel menghasilkan perubahan demografis dan keagamaan di Yerusalem. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.