Jenazah Kim Jong-Nam Dijaga Ketat

KUALA LUMPUR – Aparat keamanan Malaysia pada Selasa (21/2) menjaga ketat rumah sakit tempat jenazah Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara yang dibunuh. Penjagaan ketat ini terjadi di tengah-tengah  laporan kedatangan anaknya ke Kuala Lumpur untuk mengambil jasadnya.

Konvoi empat kendaraan tanpa tanda memasuki kompleks rumah sakit dini hari, dengan sekitar 30 anggota pasukan khusus Malaysia mengamankan daerah tersebut sebelum mereka semua meninggalkan rumah sakit pada pagi hari. Sebuah van polisi berwarna putih terlihat meninggalkan rumah sakit pukul 04.00 waktu setempat menurut seorang wartawan AFP.

Jenazah Kim Jong Nam yang dibunuh Senin pekan lalu di Bandara Kuala Lumpur, menjadi pusat perselisihan diplomatik antara Pyongyang dan Malaysia, setelah Korea Utara berkukuh meminta jenazah dipulangkan dan keberatan dengan proses autopsi. Namun Malaysia menolak permintaan tersebut. Pemerintah Malaysia menyatakan, jenazah itu harus tetap ditaruh di kamar mayat sampai anggota keluarga datang dan sampel DNA-nya diidentifikasi.

Pada Senin (21/2) malam, anak lelaki Jong-Nam, Kim Han-Sol, dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur dari Makau. Demikian menurut media setempat dan sumber-sumber intelijen.

Utusan Pyongyang untuk Kuala Lumpur pada Senin menolak permintaan DNA dan menyebutnya mustahil. Mereka menyatakan kedutaan besar punya hak untuk meminta jenazah pemegang paspor diplomatik.

Duta Besar Korea Utara di Malaysia Kang Chol juga mengkritik penyelidikan pembunuhan itu dan menyebutnya bermotif politik. Dia menuduh Malaysia berkonspirasi dengan Korea Selatan sejak awal untuk menjebak Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman mengatakan, tuduhan tersebut sangat menghina. “Itu didasarkan pada delusi, kebohongan, dan separuh kebenaran,” kata menlu Malaysia. Malaysia sebelumnya menarik duta besarnya untuk Pyongyang dan memanggil Kang untuk meminta penjelasan mengenai pernyataannya.

Jong-Nam adalah anak pertama yang diperkirakan menjadi penerus alami ayahnya, Kim Jong-Il, yang ketika itu memimpin Korea Utara. Namun setelah kematian Jong-Il tahun 2011 tampuk kekuasaan diserahkan kepada Kim Jong-Un, anaknya dari pernikahan ketiga.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.