Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Erdogan

0
40
Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

ANKARA, SERUJI.CO.ID –¬†Sejumlah pemimpin dari berbagai negara mengucapkan selamat terhadap kemenangan Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu presiden dan parlemen, meski suara masih dihitung.

Ucapan pertama muncul dari Perdana Menteri Hungaria Victor Orban, kata sejumlah sumber kepresidenan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kesuksesan besar dalam pemilu presiden, demikian pernyataan dari kantor kepresidenan Azerbaijan.

Dalam pembicaraan telepon, Aliyev mengatakan bahwa Turki tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Erdogan, sementara posisi Ankara di dunia internasional juga semakin moncer.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengatakan yang sama terhadap Erdogan atas “kesuksesan proses demokratik di Turki dan kemenangannya dalam pemilu presiden,” demikian kantor berita WAFA mengabarkan.

“Saya berharap Turki semakin sukses, maju, dan stabil,” kata dia.

Erdogan menjawabnya dengan menegaskan dukungan Turki kepada rakyat Palestina dan perjuangan mereka menuntut keadilan, kebebasan, dan stabilitas.

Dari Serbia, Presiden Aleksander Vucic berharap Erdogan berhasil menjalankan amanah.

“Serbia sangat mengutamakan persahabatan dengan Turki. Kami akan terus menjadi rekan yang bisa diandalkan kepada Turki dan pemimpinnya, yang siap melindungi negaranya di masa yang penuh tantangan,” kata Vucic dalam pernyataan tertulis.

Dari negara-negara Islam, sejumlah negara yang sudah mengucapkan selamat di antaranya adalah Pakistan, Qatar, dan Kuwait.

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain “mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilu.” Hussain menegaskan bahwa tingginya tingkat partisipasi dan damainya pemilu adalah bukti dari kekuatan nilai-nilai dan institusi demokrasi di Turki.

Emir Qatar Tamim bin Hamad at-Thani dan Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jabar as-Sabah juga memberikan pernyataan yang serupa. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...