Jika AS Siapkan Serangan, Korut Akan Tembakan Nuklir ke AS


PYONGYANG – Pemerintah Korea Utara akan melakukan serangan nuklir preemptif ke Amerika Serikat jika mereka menyimpulkan Amerika Serikat menyiapkan serangan ke Korea Utara. Peringatan itu disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Han Song Ryol.

“Jika Amerika Serikat merencanakan serangan militer terhadap kami, maka kami akan merespons dengan serangan nuklir preemtif, sesuai dengan gaya dan metode kami,” kata Han, pada Senin (17/4), sebagaimana dilansir BBC.

Menurut Han, senjata nuklir yang dimiliki Korea Utara ditujukan ‘untuk melindungi negara’ dari ancaman aksi militer AS. “Jika AS ceroboh dengan melancarkan tindakan militer, itu berarti akan ada perang habis-habisan sejak hari pertama,” katanya.

Selain itu, Han juga menegaskan bahwa militer Korea Utara akan melakukan uji rudal setiap minggu, bulan, dan tahun.

Sebelumnya, wakil presiden Amerika, Mike Pence, memperingatkan Korea Utara untuk tidak menguji kesabaran Amerika dengan melanjutkan program nuklir. Pence mengatakan ‘era kesabaran strategis’ dengan Korea Utara telah berakhir.

Pence tiba di ibu kota Korea Selatan pada Minggu (16/04), beberapa jam setelah Pyongyang melakukan uji coba rudal yang berakhir gagal.

“Dalam dua pekan terakhir, dunia menyaksikan kekuatan dan keteguhan presiden baru kami dalam mengambil aksi di Suriah dan Afghanistan,” kata Pence, saat berbicara dengan pelaksana presiden Korea Selatan, Hwang Kyo-ahn, hari Senin (17/04).

Ketegangan di kawasan meningkat, ditandai dengan ‘perang kata-kata’ antara pejabat Amerika dan Korea Utara.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Amerika, Rex Tillerson, memperingatkan bahwa terbuka kemungkinan pihaknya ‘melakukan aksi militer preemtif’ terhadap Korea Utara.

 

EDITOR: Harun S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Selesai ?

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

close