Putra Muhammad Ali Ditahan di Bandara Florida Karena Muslim dan Nama Arab

MIAMI – Kebijakan ekstrim Presiden Donald Trump bahkan merepotkan orang Amerika Serikat sendiri yang kebetulan Muslim. Muhammad Ali Jr., putra mendiang ikon tinju kelas berat Muhammad Ali, mengaku ia baru-baru ini ditahan dua jam di bandara Florida hanya karena agamanya.

Seperti dilaporkan Inside Edition edisi Jumat (24/2) malam waktu setempat, pria berusia 44 tahun itu mengaku ditahan dan ditanyai dua kali tentang agamanya. Peristiwa itu terjadi 7 Februari saat ia pulang ke Florida setelah liburan di Jamaika bersama ibunya Khalilah istri pertama petinju Muhammad Ali.

Ali Jr, putra sulung Ali yang lahir di Philadelphia dan mengantongi paspor Amerika Serikat, mengaku ia sedang terpisah dari ibunya saat kejadian itu, dan diperiksa di ruang khusus di bandara.

“Dia ditahan,” kata pengacaranya, Chris Mancini. “Fakta bahwa ia putra Muhammad Ali ternyata tidak berpengaruh. Mereka tahu dia lahir di Philadelphia. Tapi, yang mereka perhatikan justru dia adalah Muslim dan memiliki nama Arab.”

Mancini meyakini penahanan itu didasarkan pada politik Presiden Trump tentang pencekalan perjalanan terhadap Muslim tertentu. Ia menyebut masalah itu sebagai upaya khas pemerintah dan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan.

Namun, ketika dikonfirmasi, dinas pemerintah itu hanya mengatakan tidak bisa mengomentari kasus-kasus tertentu.

“Berdasarkan Privacy Act, maka pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan tidak bisa mendiskusikan masalah individual,” begitu pernyataan yang dikeluarkan Norma Morfa, juru bicara Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan. “Namun, semua pelaku perjalanan internasional yang tiba di Amerika Serikat harus tunduk pada pemeriksaan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan.”

Kabarnya, Ali Jr mempertimbangkan tindakan hukum. Mancini mengatakan Ali Jr akan lebih dulu mengeksplorasi kasus-kasus lain tentang diskriminasi agama sebelum mengajukan gugatan. “Sejumlah besar orang-orang religius mengaku ditahan dengan cara yang sama. Kami akan mengambil langkah demi langkah untuk mengajukan kasus itu terhadap pemerintah,” katanya.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.