Pertama Kalinya, Non-Kulit Putih Pimpin Partai Besar di Kanada

0
143
Jagmeet Singh dikenal gemar memakai turban berwarna cerah dan berpenampilan modis (Foto: REUTERS/Mark Blinch)

OTTAWA, SERUJI.CO.ID – Seorang anggota parlemen provinsi Ontario yang beragama Sikh terpilih pada hari Ahad (1/10) sebagai pemimpin Partai Demokrat Baru (NDP) yang berhaluan kiri di Kanada. Ia menjadi politisi non kulit putih pertama yang memimpin sebuah partai politik besar Kanada.

Jagmeet Singh, seorang pengacara berusia 38 tahun yang gemar memakai turban berwarna cerah dan berpenampilan modis membuatnya menjadi bintang media sosial, terpilih pada pemungutan suara untuk memimpin NDP ke pemilihan federal 2019 melawan petahana Perdana Menteri Justin Trudeau.

“Terima kasih, Demokrat Baru. Upaya untuk merebut posisi Perdana Menteri dimulai sekarang,” ucap Singh dalam akun Twitter-nya.

Loading...

Singh mendapat 53,6 persen suara, mengalahkan tiga saingannya untuk menjadi pemimpin NDP, menggantikan Thomas Mulcair. Hasil pemungutan suara online tersebut diumumkan pada pertemuan partai di Toronto.

Politisi asal Toronto itu telah disebut-sebut oleh para pendukungnya sebagai sosok yang bisa memberikan nafas baru ke partai tersebut, yang telah berjuang sejak kematian mantan pemimpin karismatik Jack Layton pada tahun 2011.

NDP adalah partai terbesar ketiga di Parlemen federal Kanada, dengan 44 dari 338 kursi. (Gzl/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama