Longsor di California, 15 Orang Tewas

CALIFORNIA, SERUJI.CO.ID – Setidaknya 15 orang tewas dalam longsor di wilayah pantai California.

Sementara itu, para petugas penyelamat pada Rabu (10/1) mengerahkan helikopter dan anjing-anjing untuk menyisir perbukitan di sekeliling daerah pemukiman mewah Santa Barbara di wilayah itu dalam upaya menemukan orang-orang yang terjebak atau tewas dalam longsor akibat hujan.

Santa Barbara, yang terbentang di antara lautan dan Taman Nasional Los Padres, adalah daerah tempat kediaman banyak pesohor seperti Oprah Winfrey dan Ellen DeGeneres berada.

“Kami terus berusaha menemukan orang-orang,” kata Yaneris Muniz, juru bicara Pusat Informasi Bersama Wilayah Santa Barbara.

“Kami telah mengerahkan satu helikopter dan sejumlah petugas sepanjang malam dan sekarang pada siang hari kami bisa meningkatkan upaya pencarian,” kata Yaneris.

Pihak berwenang telah meminta para warga di Montecito untuk berada di dalam rumah sehingga para penyelamat bisa lebih mudah menjalankan tugas mereka.

Sekitar 300 orang terjebak di sebuah daerah ngarai. Para petugas setempat, dengan meminjam beberapa helikopter dari Dinas Penjaga Pantai Amerika Serikat, bekerja keras mengangkut mereka keluar dari daerah tersebut, kata beberapa pejabat.

Pemerintah daerah Santa Barbara pada awalnya meminta 7.000 warga untuk pindah dan kemudian 23.000 lainnya secara sukarela. Namun, hanya 10 hingga 15 persen di antara mereka yang mematuhi perintah itu, kata Amber Anderson, juru bicara Departemen Kebakaran Wilayah Santa Barbara.

“Kami tidak tahu berapa banyak lagi warga yang masih terjebak,” kata Sheriff Wilayah Santa Barbara Bill Brown dalam program televisi “CBS This Morning”.

“Kami tahu ada beberapa (warga yang terjebak, red), dan kami sedang berupaya memasuki sejumlah titik di Montecito dan daerah-daerah sekitarnya untuk mengetahui apakah masih ada orang di sana dan apakah mereka masih hidup,” imbuhnya.

Longsor telah menyebabkan beberapa hotel bersejarah, termasuk Four Seasons Biltmore, ditutup. Hotel itu sebelumnya pada Senin baru dibuka lagi setelah diperbaiki karena mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan.

Halaman hotel berusia 90 tahun yang dibangun oleh aktor film bisu Charlie Chaplin, Montecito Inn, dipenuhi kerak tebal reruntuhan akibat longsor.

Pada Selasa, satu anak perempuan berusia 14 tahun ditemukan dalam keadaan selamat setelah para petugas pemadam kebakaran, yang mengerahkan anjing-anjing penyelamat, mendengar teriakan minta tolong dari rumahnya di Montecito, menurut laporan Los Angeles Times.

“Saya kira saya sudah mati,” kata remaja bernama Lauran Cantin tersebut, dalam keadaan terbalut lumpur, kepada NBC News setelah para petugas menghabiskan waktu enam jam untuk menyelamatkannya.

Para petugas bekerja sepanjang malam menggunakan beberapa helikopter untuk mengangkut lebih dari 50 warga yang terjebak lumpur.

Jumlah korban tewas kali ini melebihi saat longsor di California pada 10 Januari 2005. Ketika itu, 10 orang tewas saat bukit di kota La Conchita ambruk.

Kebakaran hutan bulan lalu, termasuk Kebakaran Thomas, yang menjadi terbesar dalam sejarah California telah menyebabkan wilayah itu rentan mengalami longsor. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Soal Islam Nusantara

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O