KBRI: Tidak Ada WNI Korban Gempa Hebat di Meksiko

MEXICO CITY – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mexico City menyatakan sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam bencana gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Richter yang mengguncang Meksiko tengah pada Selasa (19/9).

“Belum ada laporan WNI yang menjadi korban. Namun beberapa staf KBRI telah mengungsi ke KBRI karena rumah mereka dilaporkan mengalami kerusakan cukup serius,” demikian pernyataan pers KBRI Mexico City, yang diterima di Jakarta, Rabu (20/9).

Pada 19 September 2017 pukul 13.15 terjadi gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR), dengan pusat gempa di tenggara kota Axochiapan, negara bagian Morelos, di perbatasan antara negara bagian Morelos dengan Puebla. Pusat gempa tersebut berjarak sekitar 120 kilometer dari Mexico City.

Gempa tersebut mengakibatkan setidaknya 27 bangunan di Mexico City rubuh, dan beberapa fasilitas publik seperti bandara, jembatan penyeberangan dilaporkan mengalami kerusakan parah.

Bencana gempa bumi di Meksiko itu sejauh ini telah menewaskan setidaknya 119 orang di sejumlah negara bagian. Di Morelos dilaporkan 42 orang tewas dan sejumlah orang dilaporkan mengalami luka-luka di Mexico City.

Presiden Enrique Pena Nieto telah menyatakan keadaan darurat nasional, dengan menghidupkan Plan MX, yang berarti seluruh institusi terkait di Meksiko digerakkan untuk bereaksi terhadap bencana.

Saat ini KBRI Mexico City dibuka sebagai tempat penampungan (shelter) dan dapur umum bagi WNI yang memerlukan tempat penampungan sementara.

Berdasarkan catatan KBRI, jumlah WNI di Meksiko adalah 282 orang, dan dari jumlah tersebut sebanyak 142 orang WNI berada di Mexico City, lima orang di Puebla, dan satu orang di Morelos.

KBRI pada 19 September 2017 pukul 13:41 (waktu setempat) telah mengeluarkan “Citizen Advisory”, yakni imbauan bagi WNI yang berada di Meksiko untuk terus waspada dan berhati-hati.

Bagi WNI yang membutuhkan informasi dan bantuan dapat menghubungi “hotline” KBRI Mexico City pada nomor 55 6298 5506 dan “landline” pada nomor 55 5280 6363. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER