Awas! Terlalu Sering Mencuci Muka Bisa Menyebabkan Hal Ini

Membersihkan wajah adalah tahapan awal dari serangkaian perawatan wajah. Tapi perlu diperhatikan juga, mencuci muka tidak boleh terlalu sering.

SERUJI.CO.ID – Mencuci muka memang menyenangkan karena dapat membuat wajah kembali segar dan cerah. Namun mencuci muka terlalu sering juga tidak dianjurkan. Kandungan pH pada kulit bisa jadi tidak seimbang apabila terlalu sering mengaplikasikan sabun wajah saat mencuci muka.

Pada dasarnya pH kulit memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit. pH yang sehat dan seimbang, akan melindungi kulit dari bakteri dan virus yang masuk, sekaligus menjaga hidrasi pada wajah.

Mencuci muka dapat mengubah keseimbangan pH kulit. Hal ini karena gabungan antara pH air dan sabun muka, yang cukup tinggi hingga berada di angka 7. Padahal kulit yang sehat memiliki pH antara 4,2 hingga 5,5.

 

Untuk dapat mengembalikan pH ke angka normal, dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam. Bayangkan apabila anda mencuci muka terlalu sering. Belum lagi penggunaan pembersih dan penyegar yang juga memiliki kandungan pH yang tinggi.

Kalau sudah begini kulit akan membutuhkan banyak waktu untuk kembali ke angka normal. Akibatnya kulit menjadi mudah kering dan kusam.

Baca juga: Tidak Boleh Terlalu Sering, Ini Waktu Cuci Muka Yang Tepat

Lapisan kulit terluar bersifat mengandung minyak. Lapisan ini berfungsi mengunci kelembapan kulit wajah. Dengan mencuci muka terlalu sering, membuat kadar hidrasi dan sebum jadi tak seimbang.

Akibatnya kulit jadi sering terasa “tertarik” setelah cuci muka. Itu adalah tanda minyak alami pada kulit mulai menipis. Sehingga wajah menjadi kering dan tidak terhidrasi dengan baik. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.