close

Menghadapi Anak yang Sudah Doyan Bermain Make Up

Bukan hal aneh jika anak tertarik dengan apa yang dikerjakan orang tua. Perlu kebijakan orang tua untuk membimbing dan mengarahkan mereka.

SERUJI.CO.ID – Bunda terkadang tingkah polah anak perempuan sering kali membuat geleng-geleng kepala, ya? Apalagi jika sudah berurusan dengan make up. Tak jarang anak perempuan yang penasaran dengan aktivitas berias, sering kali “ikut campur” untuk urusan kecantikan kali ini.

Hal yang wajar jika orang tua khawatir akan kebiasaan ini. Terlebih kulit anak masih terlalu sensitif untuk bisa menerima sentuhan dari produk make up. Bunda tak perlu khawatir, karena anak-anak biasanya meniru kebiasaan bunda berdandan.

Komunikasikan dengan anak bahwa kegiatan ini hanya boleh dilakukan untuk orang dewasa. Beritahu juga berdandan hanya dilakukan saat bekerja atau menghadiri acara kantor. Bukan untuk dipakai setiap hari di rumah.

 

Beri juga pengertian pada anak jika mereka sudah mulai mencoba memakai lipstik atau memoles bedak, untuk segera menghapus make up. Ini karena bahan make up diformulasikan khusus untuk orang dewasa, sehingga tidak aman digunakan anak-anak dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana jika anak laki-laki yang penasaran dengan make up?

Arahkan bahwa kegiatan berhias diri ini hanya boleh dilakukan oleh anak perempuan. Dalam kasus ini, peran ayah juga penting terlibat. Segera ajarkan maskulinitas pada anak dan ajak anak untuk bermain dan berhubungan dunia laki-laki, seperti mencuci motor atau mobil. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI