close

Menghadapi Anak yang Sudah Doyan Bermain Make Up

Bukan hal aneh jika anak tertarik dengan apa yang dikerjakan orang tua. Perlu kebijakan orang tua untuk membimbing dan mengarahkan mereka.

SERUJI.CO.ID – Bunda terkadang tingkah polah anak perempuan sering kali membuat geleng-geleng kepala, ya? Apalagi jika sudah berurusan dengan make up. Tak jarang anak perempuan yang penasaran dengan aktivitas berias, sering kali “ikut campur” untuk urusan kecantikan kali ini.

Hal yang wajar jika orang tua khawatir akan kebiasaan ini. Terlebih kulit anak masih terlalu sensitif untuk bisa menerima sentuhan dari produk make up. Bunda tak perlu khawatir, karena anak-anak biasanya meniru kebiasaan bunda berdandan.

Komunikasikan dengan anak bahwa kegiatan ini hanya boleh dilakukan untuk orang dewasa. Beritahu juga berdandan hanya dilakukan saat bekerja atau menghadiri acara kantor. Bukan untuk dipakai setiap hari di rumah.

 

Beri juga pengertian pada anak jika mereka sudah mulai mencoba memakai lipstik atau memoles bedak, untuk segera menghapus make up. Ini karena bahan make up diformulasikan khusus untuk orang dewasa, sehingga tidak aman digunakan anak-anak dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana jika anak laki-laki yang penasaran dengan make up?

Arahkan bahwa kegiatan berhias diri ini hanya boleh dilakukan oleh anak perempuan. Dalam kasus ini, peran ayah juga penting terlibat. Segera ajarkan maskulinitas pada anak dan ajak anak untuk bermain dan berhubungan dunia laki-laki, seperti mencuci motor atau mobil. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?

Nia Zulkarnaen Tertarik Bikin Film Tentang Wakatobi

Nia Zulkarnaen akan garap film tentang anak-anak yang berlibu di Wakatobi. Kenapa Nia memilih Wakatobi? Simak alasannya