Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

Perawatan kulit bayi memang cukup banyak perhatian. Apalagi jika kulit bayi cukup sensitif.

SERUJI.CO.ID – Merawat kulit bayi sensitif sebenarnya fokus pada tiga hal, yaitu mempertahankan kelembapan kulit, mencegar iritasi atau alergi dan menjaga kulit bayi agar tetap sehat.

Oleh karena itu, bunda harus cermat dalam memilih produk yang aman digunakan. Usahakan yang mengandung bahan-bahan organik. Sebaiknya pilih sabun dan sampo yang memiliki kadar pH seimbang dengan kadar pH air mata. Biasanya terdapat label pH balanced yan tertempel di produk perawatan bayi.

Hindari produk mandi yang mengandung warna, wangi dan memproduksi banyak busa, karena ketiga hal tersebut biasanya mengandung bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit bayi. Hindari juga sabun mandi yang membuat kulit menjadi kesat. Kulit yang kesat artinya kulit yang kering. Padahal kulit bayi sebaiknya lembab.

 

Baca juga: Mengenal Tanda-Tanda Kulit Bayi Sensitif Yang Perlu Bunda Tahu

Banyak ibu yang tidak tahan untuk segera memandikan bayi sesaat setelah lahir, karena adanya selaput lemak yang menempel pada tubuh bayi. Padahal selaput lemak tersebut memiliki peran penting dalam melembabpak sekaligus melindungi kulit dari infeksi dan resiko alergi.

Oleh karena itu, pakar kesehatan biasanya menyarankan orang tua untuk menunda waktu mandi pertama bayi, sampai tanda-tanda vital dan suhu bayi stabil. Kira-kira hal ini berlangsung 2-3 jam setelah bayi lahir.

Cara memandikannya pun harus bijak. Air yang digunakan tidak boleh terlalu panas, cukup suam kuku atau dengan suhu berkisar antara 36º – 47º Celcius. Kemudian rendam tubuh bayi di bak yang sudah diisi air hangat suam kuku tersebut, sekitar 10-15 menit. Jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan bayi hipotermia.

Terakhir dan terpenting adalah jangan lupa untuk senantiasa mengoleskan pelembab dan moisturizer. Agar kulit bayi tetap terjaga kelembapannya. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close