close

Mengenal Tanda-Tanda Kulit Bayi Sensitif Yang Perlu Bunda Tahu

Kulit bayi yang sensitif perlu mendapat perawatan ekstra. Kenali tanda-tandanya.

SERUJI.CO.ID – Beda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi memang masih sensitif. Seiring dengan tumbuh kembang bayi, kulitnya pun juga terus berkembang di tahun pertama dan sangat rentan terhadap infeksi.

Lapisan kulit terluar atau epidermis, berperan penting sebagai pelindung untuk menjaga ketahanan tubuh. Epidermis menjaga dan mengontrol jumlah air yang masuk ke dalam tubuh, sehingga orga-organ terlindungi dari kelebihan maupun kekurangan air.

Selain itu, epidermis juga berfungsi sebagai garda utama dalam melindungi organ tubuh dari masuknya kuman dan virus penyebab penyakit.

 

Beda dengan orang dewasa, lapisan epidermis kulit bayi masih tipis dan kelembapannya belum terbentuk. Inilah sumber sensitivitas kulit bayi, karena kulit mereka masih rawan kehilangan banyak air ketimbang orang dewasa.

Bayi yang kulitnya terlalu sensitif dapat dikenali dengan adanya ruam dan bintik merah pada kulit, tekstur kulit yang kering dan rentan terkena berbagai macam penyakit kulit seperti biduran, eksim, biang keringat dan beberapa penyakit lain.

Adanya ruam atau bintik merah pada kulit bayi sebenarnya adalah hal yang wajar. Ruam ada karena reaksi tubuh dalam melawan zat asing dari luar. Namun, bunda perlu tahu, jika bintik merah semakin banyak yang muncul, bisa jadi ini adalah tanda kulit bayi bereaksi terhadap alergi dari kandungan zat tertentu. Jika sudah begini, segera bawa bayi anda ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Pada dasarnya kulit bayi memang cenderung kering. Ini karena fungsi epidermis belum berjalan dengan baik. Namun jika kulit bayi lebih sering terlihat kusam dan sangat kering, ada baiknya anda segera membalurkan pelembab khusus bayi, demi mencegah terjadinya iritasi kulit yang parah.

Oleskan pelembab terutama pada bagian lipatan kulit yang sering berkeringat. Apabila cara ini belum juga bekerja, segera hubungi dokter untuk mendapat rekomendasi pelembab yang cocok untuk bayi anda. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI