Saksi Hamdan Rasyid: Ahok Anggap Al-Maidah 51 Alat Kebohongan

Jakarta – JPU menghadirkan anggota Komisi Fatwa MUI, Hamdan Rasyid sebagai saksi terakhir yang dihadirkan dalam persidangan ke-9 kasus penodaan agama dengan terdakwa Ahok di Auditorium Kementan, Selasa (7/2). Hamdan mengatakan, setelah proses pengkajian mendalam oleh empat komisi MUI meyakini Ahok telah menistakan Al-Qur’an.

“Saya jelaskan prosesnya bahwa itu sudah melalui proses yang luar biasa, empat komisi di MUI dilibatkan sedangkan fatwa biasanya cukup satu komisi. Kata-kata dibohongi pakai Al-Maidah itu sudah menista Al-Qur’an. Kata ‘pakai’ itu kan alat, berati menganggap Al-Qur’an sebagai alat kebohongan,” ujar Hamdan Rasyid, usai memberikan kesaksiannya.

Hamdan juga menambahkan, tidak mungkin Al-Qur’an salah dan Allah menjamin tidak ada sedikitpun ada keraguan di dalamnya. “Al-Qur’an itu kan wahyu Allah, mukjizat yang sangat diyakini kebenarannya bagi Umat Islam,” tegasnya.

Saat ditanya mengenai keberatan Ahok pada sidang sebelumnya mengenai kuorum, Hamdan membantah, MUI mengeluarkan sikap keagamaannya main-main.

“Tidak ada urusan dengan kuorum, ulama itu kalau berfatwa punya dalil. Yang penting adalah dasarnya Al-Qur’an dan Hadits kuat. Mau satu ulama apalagi itu jama’ah banyak ulama, tidak mungkin mereka berbuat bohong itu. Jangan dipikir kita itu main-main, ini Al-Qur’an Kalamullah, seluruh dunia menghormati Al-Qur’an,” jelas Hamdan.

Di dalam ruang persidangan, Hamdan juga dimintai penjelasan tentang definisi ‘Awliya’ dalam Al-Maidah ayat 51 dan metode tafsir Al-Qur’an.

EDITORL IWAN S

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER