Penghuni Lapas Terancam Tidak Dapat Gunakan Hak Pilih pada Pilkada 2018

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 47 TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jawa Timur terancam tidak bisa melakukan pemilihan dalam Pilkada dan Pilgub Jatim 2018. Pasalnya sebagian besar Narapidana identitasnya tidak jelas.

Divisi Perencanaan dan Data Komisioner KPI Jatim, Choirul Anam menyebut bahwa sebelumnya KPU telah melakukan perencanaan awal Daftar Pemilih Sementara sebesar 68.084 TPS, namun dari hasil pemutakhiran terakhir hanya disiapkan 67.650 TPS.

“Pada rencana awal 68 ribuan berkurang menjadi 67 ribu TPS, dan terutama yang mengalami kekurangan di TPS Lapas. Ada 47 TPS di lapas dan penghuni lapas terancam tidak bisa memilih,” ujar Choirul di Surabaya, Rabu (11/4).

Diungkapkan Choirul, setelah dilakukan pemutakhiran ternyata para penghuni lapas tersebut banyak yang tidak memiliki identitas, bahkan saat di crosscek ke Dispendukcapil, tidak ada NIK dan Kartu Keluarga.

“Maka jelas berpotensi TPS dikurangi, jadi ada pencoretan dan memang rill banyak yang tidak ada identitasnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan berdasarkan Daftar Pemilih Terakhir ada sekitar 30 juta pemilih Jatim, namun diprediksi jumlah tersebut akan berkurang.

“Hal ini (karena) banyak ditemukan sejumlah identitas tidak jelas, seperti ada temuan identitas ganda, meninggal dunia, perpindahan profesi, belum diupdate ulang dan yang paling dominan ada sekitar 922 ribu pemilih di Jatim identitasnya gak jelas, namun kemungkinan juga bisa bertambah dan berkurang,” pungkasnya. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Memaknai Indonesia

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Ghazwul Fikri dan Media