Pemuda dan Mahasiswa Pagaralam Gelar Aksi Peduli Rohingya

0
138
Koordinator aksi Doni Putra Sakti saat melakukan orasi di pertigaan lampu merah Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, 13/9/2017. (Foto:Lian/SERUJI)

PAGARALAM – Tragedi kemanusiaan yang terjadi terhadap Muslim Rohingnya di Myanmar mengundang keprihatinan dunia. Demikian juga pemuda dan mahasiswa di Kota Pagaralam. Lebih dari 100 orang Gabungan dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Pagaralam menggelar aksi turun ke jalan pada Rabu (13/9), untuk penggalangan dana, sebagai bentuk solidaritas sesama muslim sekaligus bentuk kepedulian terhadap penderitaan yang dialami Muslim Rohingya.

Aksi penggalangan dana yang bertema “Besemah Peduli Rohingya”, dilakukan di dua titik yang berbeda yaitu di pertigaan lampu merah jam gadang Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara dan Pasar Dempo Permai yang dimulai dari depan Masjid Agung Kota Pagaralam.

Koordinator aksi penggalangan dana, Doni Putra Sakti  mengatakan aksi ini merupakan wujud dari kepedulian terhadap sesama Muslim yang di perlakukan tidak manusiawi oleh militer dan Biksu di Myanmar.

“Sebagai sesama Muslim, kita wajib peduli terhadap penderitaan saudara kita di Rohingya. Tentara dan biksu Myanmar membunuh, memperkosa dan menghancurkan apa saja yang mereka temui di perkampungan saudara-saudara muslim kita disana,” ujar Doni.

Doni menjelaskan bahwa hasil dari sumbangan masyarakat ini akan langsung disalurkan kepada  masyarakat Rohingya.

“Sumbangan yang terkumpul baik berupa dana ataupun kebutuhan pengungsi lainya, akan kita kirim langsung kepada masyarakat Rohingya melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap -red) pusat. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa meringankan penderitaan saudara – saudara kita di disana,” jelasnya.

Sementara itu pengendara yang melintas dilokasi aksi, Lidya fitriana (21), mengapresiasi kegiatan penggalangan dana tersebut.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh gabungan Organisasi Kepemudaan dan mahasiswa Kota Pagaralam ini. Hal ini merupakan salah satu aksi nyata untuk meringankan penderitaan saudara kita sesama muslim, harapan saya semoga kepedulian masyarakat Kota Pagaralam bisa sampai kepada mereka yang membutuhkan,” kata Lidya.

(Lian/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

Lima Bakal Caleg DPR Ditemukan KPU Merupakan Mantan Koruptor

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan lima bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) DPR yang didaftarkan partai politik merupakan mantan narapidana kasus korupsi. "Berdasarkan...

Fasilitas Tidak Standar di Sukamiskin Dibenarkan Dirjen PAS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di...
Febri Diansyah

Kalapas Sukamiskin Diketahui Terang-Terangan Minta Mobil dan Uang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein secara terang-terangan meminta mobil, uang dan sejenisnya...
kpk, komisi pemberantasan korupsi

KPK Temukan Penyalahgunaan Fasilitas Berobat di Sukamiskin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menemukan dugaan penyalahgunaan fasilitas berobat narapidana dalam proses penanganan kasus di Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. "Kami...

Dugaan Narapidana Sukamiskin Keluar Lapas Sedang Didalami Kemkumham

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) mendalami adanya dugaan narapidana korupsi di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, dapat masuk dan keluar lapas dengan...