Pemuda dan Mahasiswa Pagaralam Gelar Aksi Peduli Rohingya

0
100
Koordinator aksi Doni Putra Sakti saat melakukan orasi di pertigaan lampu merah Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, 13/9/2017. (Foto:Lian/SERUJI)

PAGARALAM – Tragedi kemanusiaan yang terjadi terhadap Muslim Rohingnya di Myanmar mengundang keprihatinan dunia. Demikian juga pemuda dan mahasiswa di Kota Pagaralam. Lebih dari 100 orang Gabungan dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Pagaralam menggelar aksi turun ke jalan pada Rabu (13/9), untuk penggalangan dana, sebagai bentuk solidaritas sesama muslim sekaligus bentuk kepedulian terhadap penderitaan yang dialami Muslim Rohingya.

Aksi penggalangan dana yang bertema “Besemah Peduli Rohingya”, dilakukan di dua titik yang berbeda yaitu di pertigaan lampu merah jam gadang Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara dan Pasar Dempo Permai yang dimulai dari depan Masjid Agung Kota Pagaralam.

Koordinator aksi penggalangan dana, Doni Putra Sakti  mengatakan aksi ini merupakan wujud dari kepedulian terhadap sesama Muslim yang di perlakukan tidak manusiawi oleh militer dan Biksu di Myanmar.

“Sebagai sesama Muslim, kita wajib peduli terhadap penderitaan saudara kita di Rohingya. Tentara dan biksu Myanmar membunuh, memperkosa dan menghancurkan apa saja yang mereka temui di perkampungan saudara-saudara muslim kita disana,” ujar Doni.

Doni menjelaskan bahwa hasil dari sumbangan masyarakat ini akan langsung disalurkan kepada  masyarakat Rohingya.

“Sumbangan yang terkumpul baik berupa dana ataupun kebutuhan pengungsi lainya, akan kita kirim langsung kepada masyarakat Rohingya melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap -red) pusat. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa meringankan penderitaan saudara – saudara kita di disana,” jelasnya.

Sementara itu pengendara yang melintas dilokasi aksi, Lidya fitriana (21), mengapresiasi kegiatan penggalangan dana tersebut.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh gabungan Organisasi Kepemudaan dan mahasiswa Kota Pagaralam ini. Hal ini merupakan salah satu aksi nyata untuk meringankan penderitaan saudara kita sesama muslim, harapan saya semoga kepedulian masyarakat Kota Pagaralam bisa sampai kepada mereka yang membutuhkan,” kata Lidya.

(Lian/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Menangkap Pengedar Tramadol 1.000 Butir

MUARA TEWEH, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menangkap seorang tersangka bernama Hartawan (36) diduga sebagai pengedar obat terlarang...
narkoba

Polisi Menangkap Lima Pelajar Pekanbaru Pesta Narkoba

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Tenayan Rayan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menangkap lima pelajar yang terdiri atas empat remaja pria dan seorang remaja perempuan...

Persija Ingin Akhiri Penyisihan AFC Dengan Kemenangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta ingin mengakhiri pertandingan penyisihan Grup H Piala AFC dengan kemenangan di kandang Tampines Rovers Singapura, Selasa (24/4), karena dengan meraih...

Polres Cianjur Amankan Dua Perempuan Konsumsi Obat Terlarang

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Polres Cianjur, Jawa Barat, mengamankan dua orang perempuan dari tempat hiburan karena diduga mengkonsumsi obat terlarang saat menggelar operasi cipta kondisi bersama...
bambang soesatyo

DPR: Akselerasi Jaringan Internet di Indonesia Bagian Tengah dan Timur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengakselerasi jaringan internet di Indonesia bagian Tengah dan Timur, yaitu dengan menyiapkan dan memfungsikan...