MUI Banten Dukung Aksi Bela Palestina di Monas

0
74
Aksi PKS Bela Palestina 10 Des 2017
Aksi PKS Bela Palestina (menolak pengakuan AS soal Yerusalem) di depan Kedubes AS, Ahad (10/12/20170. (Foto: Jarot S/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten siap mendukung ajakan MUI Pusat untuk melakukan aksi bela Palestina yang akan dipusatkan di Monumen Nasional, Jakarta pada Ahad (17/12).

“Pada dasarnya aksi tersebut adalah respon dari umat muslin di dunia, kami dari MUI Banten mendukung dan akan bergabung dalam aksi tersebut,” kata Sekretaris Umum MUI Banten KH Zakaria Syafei di Serang, Kamis (14/12).

Ia mengatakan, dukungan yang diberikan MUI Banten dalam aksi tersebut salah satunya dengan menurunkan anggota Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) yang merupakan organisasi perkumpulan pemuda Islam yang keanggotaannya terdiri dari pada perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam, berada di bawah naungan MUI.

“Kami tidak mengkordinir tapi ini spontanitas, kami tidak bisa memfasilitasi dari aspek dana,” kata Zakaria.

Menurutnya, pihaknya belum menerima laporan resmi berapa jumlah massa dari Banten yang akan datang ke Jakarta untuk mengikuti aksi tersebut. Namun dari unsur MUI Banten yakni dari Majelis Pemuda Islam Indonesia akan diturunkan sekitar 100 orang yang akan bergabung dengan anggota ormas Islam lainnya dari Banten.

“Jumlahnya banyak tidak terhitung, tapi dari MPII sekitar 100 orang,” katanya.

MUI Banten berharap aksi tersebut dilaksanakan dengan amant dan tertib serta tidak mengganggu orang lain. Sebab aksi tersebut tujuannya baik sehingga harus dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya juga sudah mendapatkan laporan terkait kemungkinan adanya pergerakan massa dari Banten yang akan ikut melakukan aksi menyikapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait isu palestina.

Pihaknya mengimbau masyarakat Banten yang akan ikut aksi untuk meyalurkan aspirasinya agar dilakukan dengan aman dan tertib.

“Yang ingin menyalurkan aspirasi silahkan saja, namun dilakukan dengan aman dan tertib. Jangan sampai ini kan kejadianya di tempat lain, nanti malah masyarakat kita yang konflik,” kata Kapolda Banten.

Majelis Ulama Indonesia menyerukan agar seluruh elemen masyarakat lintas agama dan golongan untuk ikut serta dalam Aksi Bela Palestina yang akan dipusatkan di Monumen Nasional, Jakarta, Ahad (17/12).

“Kami ajak seluruh pihak umat Islam bergabung karena yang paling bertanggung jawab. Kami juga mengajak kepada umat lain,” kata Ketua Umum MUI Maruf Amin.

Dia mengatakan siapapun warga Indonesia sudah seharusnya mendukung kemerdekaan Palestina. Negara tersebut hingga saat ini belum merdeka dan menjadi satu-satunya anggota Konferensi Asia Afrika yang belum kunjung mendapatkan independensinya sebagai bangsa. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Sekolah Pranikah

Kasus Perceraian Tinggi di Surabaya, Pemkot Adakan Sekolah Pranikah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Tingginya kasus perceraian di Kota Surabaya, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) mengadakan pembekalan bagi muda-mudi warga Surabaya yang hendak melangsungkan pernikahan. Dengan mengambil...
Sudirman Said.

Sudirman Optimis Pangkas 13 Persen Kemiskinan Jateng

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Sudirman Said optimistis memangkas angka kemiskinan Jawa Tengah yang saat ini masih mencapai 13 persen menjadi 6 persen nantinya...

Tidak Lolos Peserta Pemilu 2019, PBB Akan Ajukan Gugatan ke Bawaslu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan pihaknya akan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait tidak...
AHY

Demokrat Tunjuk Agus Harimurti Sebagai Kogasma

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Demokrat menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk persiapan Pemilu 2019 serta memenangkan Pilkada Serentak 2018...

Rute Wisata Transjakarta Ditambah Selama Asian Games

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana menambah rute wisata bus Transjakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018. "Selama berlangsung Asian Games, kami akan menambah...
loading...
Ilustrasi

Sudah Tepatkah Berlomba-lomba Membuka Minimarket Ummat?

Gegap gempita ummat berjamaah mendirikan Koperasi dengan usaha minimarket perlu diapresiasi. Pasalnya telah tumbuh kesadaran bagaimana menumbuhkan ekonomi ummat supaya lebih berdaya di negeri...
IMG20180217143208

Mengenal Istana Kuning di Kabupaten Kotawaringin Barat

Kotawaringin Barat - Terlintas dalam benak kita sebutan Istana Kuning maka warnanya akan kuning semua. Namun beda dengan Istana Kuning yang berada di tengah...
IMG_20180214_093436_928

Pilkada Calon Tunggal, Demokratiskah?

Pemilihan kepala daerah serentak sudah dalam hitungan bulan lagi.  Harapan akan pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin daerahnya.  Begitu juga...