Massa Bentangkan Bendera Palestina Raksasa di Bandung

0
82
Aksi Bela Palestina di Bandung
Aksi Bela Palestina di Bandung. Jumat (15/12/2017). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Massa ormas di Jawa Barat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Selamatkan Al Aqsha (AMSA) membentangkan bendera raksasa berukuran sekitar 15 x 6 meter di depan Gedung Sate Bandung, Jumat (15/12).

Bendera tersebut sebelumnya dibentangkan oleh massa dari Masjid Pusdai Bandung melalui jalan kaki hingga akhirnya tiba di depan Gedung Sate yang berada di Jalan Diponegoro Nomor 22 Kota Bandung.

Selain itu, massa juga tak lupa membentang dan mengibarkan bendera merah putih pada aksi yang diikuti oleh sekitar 1.000 orang ini.

Pada kesempatan tersebut, AMSA mendeklarasikan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina dan menolak dengan tegas klaim Presiden AS Donald Trump terkait Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Kami dengan ini menyatakan bahwa Yerussalem Timur merupakan Ibukota Palestina. Kami meminta kepada seluruh ummat Islam di seluruh dunia untuk ikut mendukung dan mendeklarasikannya,” kata Juru Bicara AMSA, Ustad Gaos Abdul Hamid, disela-sela aksi.

Deklarasi ini, menyusul adanya pengakuan dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengenai status Yerussalem Timur sebagai Ibu kota Palestina serta negara-negara OKI juga meminta kepada seluruh negara di dunia untuk mengakui Negara Palestina dan Yerussalem Timur sebagai ibu kotanya.

Menurut Gaos, dekIarasi dari AMSA ini merupakan penegasan sikap penolakan atas klaim Presiden AS, Donald Trump mengenai Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel pada 6 Desember 2017 dan klaim itu, kata dia, hanya diakui oleh AS, Israel saja.

Ia mengatakan jika Yerusalem menjadi Ibu Kota Israel, maka ditakutkan pemerintah akan menghapus hak umat Islam untuk mengunjungi Masjis Al-Alqsa. Dalihnya, menjaga kemanan ibu kota dan stabilisasi negara. Pemerintah Israel pun akan dengan mudah mengusir semua warga Palestina yang saat ini bermukim di Yerusalem.

“Sejak zaman Nabi Muhammad, kompleks Masjid Al-Aqsa adalam milik umat islam. Kini, kesuciannya terus dijaga oleh bangsa Palestina. Kami bersumpah akan membela Al-Aqsa sampai mati,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menyerukan kepada semua elemen umat Islam untuk menyatukan barisan, memberikan perhatian dan dukungan berkesinambungan terhadap masjid suci Al Aqsha dengan segenap kemampuan dan sarana yang dimiliki, menghentikan permusuhan dan penistaan terhadap kota suci Umat Islam, Al-Quds.

“Kami juga mendesak para pemimpin negara dunia untuk menyatakan sikap tegas, mengecam dan menghentikan arogansi AS dan permusuhannya terhadap kesucian umat Islam,” kata dia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Sri Sultan Minta Masyarakat Tetap Tenang Terkait Status Merapi

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat di daerah setempat tetap tenang meski status Gunung Merapi telah...

Polisi Tangkap Pengemudi Ojek Online Lakukan Pencabulan

KUTA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, berhasil membekuk tersangka, Basid (19) yang bekerja sebagai pengemudi ojek online karena melakukan pencabulan...

Gregoria Mariska Berhasil Taklukkan Perancis

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Gregoria Mariska dapat menyelesaikan tugasnya sebagai pembuka kemenangan pada pertandingan penyisihan Grup D Piala Uber melawan Perancis di Impact Arena, Bangkok,...

Peternak Lele Terima Bantuan Empat Kolam Bioflok

BATURAJA, SERUJI.CO.ID - Peternak lele di Kelurahan Talang Jawa, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima bantuan empat kolam bioflok guna mendukung budi daya...

Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Ketegangan Geopolitik

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Harga minyak dunia meningkat pada akhir perdagangan Senin (21/5) waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena beberapa ketegangan geopolitik tentang Iran dan...