LSI Denny JA : Duet Ahok-Djarot Unggul di Pemilih Non-Muslim

JAKARTA – Lingkar Survei Indonesia Denny Januar Ali (LSI Denny JA) mempublikasikan hasil survei mereka terkait elektabilitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, hari ini, Selasa (7/3). Hasilnya pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Syaiful Hidayat, dengan selisih 9 persen lebih.

“Untuk sementara sebelum kampanye adalah Anies-Sandi dengan angka 49,7 persen, Ahok-Djarot 40,5 persen suara, dan undecided voters ada di angka 9,8 persen,” kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby di Jakarta pada hari ini, Selasa (7/3).

Selain itu, hasil survei LSI Denny JA berdasarkan sentimen agama terlihat pasangan Ahok-Djarot mengungguli telak pasangan Anies-Sandiaga di pemilih non-muslim. Sementara pasangan Anies-Sandiga unggul tipis di pemilih Muslim.

Lebih lanjut Adjie memaparkan, dari 400 responden sebanyak 79,20 persen muslim, dan 20,8 persen non-muslim. Dari pemilih Muslim Anies-Sandi mendapatkan dukungan 55,04 persen, sisanya sebanyak 44,96 persen memilih Ahok-Djarot.

Sementara dari pemilih non-muslim, Ahok-Djarot mendapat dukungan penuh sebanyak 86,58 persen, dibanding Anies-Sandi yang hanya mendapatkan 13,42 persen dukungan.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka dengan 400 responden. Margin of error dari survei ini adalah 4,8 persen. Survei digelar sebelum kampanye Pilgub DKI putaran kedua yakni pada 27 Februari sampai 3 Maret 2017. Dari hasil survei elektabilitas tersebut, persaingan masih cukup ketat untuk memperebutkan undecided voters sebanyak 9,8 persen.

EDITOR: Harun S

 

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.