Kunjungi Blitar, Puti Guntur Gaet Suara Pemilih Perempuan

BLITAR, SERUJI.CO.ID – Kampanye di Kanigoro, Kabupaten Blitar, calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor 2, Puti Guntur Soekarno, memasuki suara pemilih perempuan. Puti memperkuat isu pemberdayan ekonomi keluarga dan memperkuat UMKM.

“Gus Ipul dan saya memberi perhatian besar terhadap penguatan ekonomi kaum perempuan. Kami punya komitmen memperkuat UMKM, dengan bantuan modal dan pendampingan kerja,” kata Puti Guntur saat bertemu ibu-ibu penggiat koperasi dan eks-Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pernah bekerja di luar negeri, Ahad (8/4).

Menurut survei Indo Barometer, yang dirilis Selasa (3/4) pekan lalu di Jakarta, salah satu kekuatan Puti Guntur terletak pada pemilih perempuan. Sebanyak 100 persen responden memilih Puti Guntur karena alasan sama-sama perempuan.

Seharian ini, Puti bergerak ke kabupaten dan kota Blitar. Ia didampingi Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Bupati Marhaenis, yang cuti untuk mendampingi kampanye Puti.

Kota Blitar juga sangat lekat di hati Puti. Di kota kecil itulah kakeknya, Bung Karno,dimakamkam.

“Salam untuk warga Blitar. Kota ini selalu terhubung kuat dengan hati keluarga Bung Karno,” kata Puti.

Kepada Puti, ibu-ibu penggiat koperasi dan eks-TKI di Blitar menunjukkan hasil kerja kreatif mereka. Salah satunya, batik. Puti mengamati satu per satu karya mereka.

“Sudah bagus, baik kualitas maupun motif. Ibu-ibu punya banyak kesempatan untuk meningkatkan motif kreatifnya. Bisa dikolaborasi dengan mendatangkan seniman dan desainer,” kata Puti Guntur.

Mendapat penjelasan itu, salah seorang pengrajin batik Eni Suciwati merasa senang. Batik adalah warisan leluhur. Dan, setiap daerah memiliki ciri khasnya.

“Kami tunggu Mbak Puti mendatangkan seniman dan desainer,” kata Eni.

Blitar terletak di kawasan selatan Jawa Timur, yang membentang dari Pacitan hingga Banyuwangi. Kawasan Selatan ini menyumbang pekerja migran yang besar ke luar negeri.

Di Kabupaten Blitar, para eks-TKI itu membentuk wadah komunikasi, yang diberi nama Pertakina (Perkumpulan Purna TKI Indonesia). Jaringan wadah ini juga menjulur di Trenggalek, Ngawi, Tulungagung, Kediri dan Ponorogo.

“Kami mendukung Gus Ipul-Mbak Puti untuk penguatan UMKM. Semoga Gus Ipul-Mbak Puti jadi terpilih,” kata Sucipto, penggagas Pertakina di Kabupaten Blitar. (Devan/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.