Ketua KPU RI Berikan Apresiasi Terhadap Debat Pilgub Jatim

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman menilai pelaksanaan debat publik pertama dalam rangka Pilkada Jawa Timur 2018 berlangsung menarik.

“Kami apresiasi pelaksanaan debat publik tahap pertama yang sudah berlangsung dan sangat menarik,” ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Rabu (11/4).

Secara keseluruhan, kata dia, yang menjadikan suasana berjalan menarik adalah format dan polanya, termasuk tahapan atau sesi per sesi yang dilangsungkan sehingga membuat suasana hidup, tapi tetap sesuai koridor dan tertib.

Menurut dia, meski sempat terjadi adu pandangan diselingi dengan pernyataan yang terkesan emosi karena saling mempertahankan argumentasi masing-masing, tapi hal itu justru menggugah masyarakat untuk memberikan penilaian tersendiri kepada pasangan calon.

“Mana program-program dan visi misi yang sesuai dengan kebutuhan, masyarakat yang menilai dan melalui debat inilah bisa menjadi salah satu pilihan,” ucapnya.

Mantan Ketua KPU Jatim itu berharap melalui debat publik yang dijadwalkan digelar tiga kali selama masa kampanye, juga semakin menambah motivasi bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari “H” pencoblosan, 27 Juni 2018.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menilai debat publik tahap pertama yang telah berakhir dan mendapat berbagai apresiasi banyak pihak merupakan dukungan semua pihak sehingga berjalan lancar serta sesuai harapan.

“Terima kasih untuk semua yang telah mendukung dan berkat kerja sama semua pihak. Secara substansi, materi sangat mendukung, termasuk media dan kedua pasangan calon beserta tim sehingga berjalan baik,” katanya.

Debat publik tahap pertama mengusung tema Kesejahteraan Rakyat, yang bahasannya meliputi kesejahteraan bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan, konflik sosial dan ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan serta keperempuanan.

Pilkada Jatim yang digelar pada 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan usungan dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura, dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER