ICMI Lebak: Setnov Harus Legowo, Mundur dari Ketua DPR

0
88
setnov, FPG
Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golkar (Foto: Istimewa)

LEBAK – Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Lebak Roji Santani mengatakan Setya Novanto sebaiknya mundur dari jabatan Ketua DPR untuk fokus menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Setnov harus memiliki jiwa legowo, mundur atau cuti dari jabatan sebagai pejabat negara agar bisa berkonsentrasi menghadapi pemeriksaan KPK,” kata Roji Santani saat dihubungi di Lebak, Sabtu (23/9).

Menurut dia, penetapan tersangka yang ditetapkan KPK selalu benar karena kasus-kasus lainnya terungkap dalam persidangan yakni adanya perbuatan kejahatan korupsi.

“KPK dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka itu tidak gegabah dan terlebih dahulu melalui kajian-kajian hukum adanya keterlibatan kejahatan korupsi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan kajian hukum itu tentu sebelum menetapkan tersangka harus diperkuat minimal dua alat bukti.

“Karena itu, penetapan tersangka yang ditetapkan KPK selalu benar terungkap pada persidangan di pengadilan,” tuturnya.

Ia menilai, selama ini, kasus yang dialami Setnov, terkait dugaan korupsi KTP-el yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,3 triliun dari total proyek Rp 5,9 triliun menjadikan perhatian masyarakat luas, termasuk di daerah.

“Kami berharap sebaiknya Setnov mundur dari jabatan wakil rakyat itu dan memfokuskan menghadapi pemeriksaan KPK,” katanya.

Menurut dia, Setnov juga sebagai Ketua Umum Partai Golkar harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Pengamat hukum dari Kabupaten Lebak Koswara Purwasasmita mengatakan Setnov harus berjiwa besar dan bersikap sebagai negarawan sehingga bisa memenuhi panggilan pemeriksaan KPK, terkait dugaan keterlibatan korupsi proyek KTP-el.

“Selama ini, Setnov selalu mangkir ketika dipanggil KPK, dengan alasan sakit,” ujarnya.

Setnov disangka melanggar pasal 2 ayat (1) atas pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...