Didukung PDIP-Gerindra, Gus Ipul Diprediksi Dukung Jokowi di Pilpres 2019

4
1400
  • 139
    Shares
Gus Ipul
cagub Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. (Foto: Amal/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áPengamat politik dari Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag), Surabaya, Kris Laga Kleden memprediksi calon Gubernur Jatim nomor urut 2 Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam Pilpres 2019 akan memberikan dukungan kepada Jokowi, ketimbang pada Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Kris Kleden, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh PDIP kepada Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018.

“Saya optimis nantinya Gus Ipul akan mendukung Presiden Jokowi di Pilpres mendatang. Hal ini dikarenakan PDIP sudah mendeklarasikan Jokowi sebagai calon Presiden PDIP tahun 2019,” katanya saat dihubungi SERUJI, di Surabaya, Jumat(9/3).

Sebagaimana diketahui, Gus Ipul mendapat dukungan koalisi PDIP, PKB, Gerindra dan PKS, untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018. Sementara menjelang Pilpres 2019, PDIP dan beberapa partai lainnya telah mendeklrasikan diri kembali akan mengusung Jokowi sebagai capres.

Gerindra dengan koalisi dekatnya PKS, telah bertekad akan kembali menghadapi Jokowi dengan mengusung calon sendiri, yang kemungkinan besar adalah Prabowo.

Kris Kleden berkeyakinan Gus Ipul tidak akan mendukung capres selain Jokowi, karena dalam Pilgub Jatim, PDIP all-out memberikan dukungan pada Gus Ipul dan jadi partai penyokong utama pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno.

“Kalau sampai Gus Ipul tidak mendukung Jokowi, saya pikir Gus Ipul tak punya rasa terima kasih karena PDIP sudah mendukungnya penuh. Saya optimis Gus Ipul tidak seperti itu,” pungkasnya.

Sementara itu Gus Ipul tidak memberikan jawaban jelas apakah akan memberikan dukungan pada Jokowi pada Pilpres mendatang.

“Kami tidak boleh memutuskan sendiri calon Presiden,” kata Gus Ipul saat blusukan di Kampung Nelayan Kenjeran, Surabaya, sebagaimana dilansir kompas, Rabu (28/2), menjawab pertanyaan media terkait dukungannya setelah PDIP mendeklarasikan mendukung kembali Jokowi dalam pilpres 2019.

Gus Ipul juga memastikan bahwa ia tidak akan berbeda dukungan dengan pasangannya, calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntor Soekarno, yang merupakan kader PDIP, dalam Pilpres 2019. “Kami tidak mungkin berbeda dukungan,” jelasnya.

Ketika didesak wartawan apakah akan mendukung Jokowi, Gus Ipul mengatakan, yang sudah tergambar jelas tidak perlu ditanyakan.

“Ya iyalah, Pak Jokowi. Memang ada calon lain?” tegasnya. (Setya/Hrn)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU