Disperindag: Sanksi Tegas Bagi Pelaku Usaha yang Tidak Terapkan HET Beras

0
118
harga beras
Harga beras di pasaran (ilustrasi)

JAMBI – Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi mengimbau pelaku usaha yang melakukan penjualan beras wajib menerapkan harga eceran tertinggi (HET) beras, guna menstabilkan harga beras di pasar tradisional dan pasar modern.

Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Ariansyah di Jambi, Ahad (17/9), mengatakan pelaku usaha dalam melakukan penjualan beras secara eceran wajib mengikuti ketentuan HET beras yang sudah ditetapkan sesuai dengan Permendag nomor 57/M-DAG/PER/8/2017.

“Kami sosialiasasikan dulu, dan dalam sosialisasi ini akan diberikan masa percobaan dalam kurun waktu 14 hari kedepan terhadap pelaku usaha distributor dan produsen untuk menerapkan harga eceran tertinggi itu,” katanya.

Kemudian setelah sosialisasi itu dalam dua bulan ke depan tim Satgas Pangan akan memantau harga beras yang sudah ditetapkan, jika ditemukan pelaku usaha tidak mengindahkan peraturan itu, maka akan ditindak.

“Bagi pelaku usaha, distributor atau pedagang beras yang tidak mengindahkan ketentuan harga yang sudah ditetapkan akan kita berikan sanksi tegas,” ujarnya.

Selain itu sebelum aturan tersebut diikuti, pihaknya melakukan sosialisasi HET beras kualitas medium yang merupakan jenis beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 25 persen.

Sedangkan untuk beras premium merupakan jenis beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 15 persen.

“HET beras adalah barga jual tertinggi beras dan atau curah di pasar rakyat, toko modern dan tempat penjualan eceran lainnya,” katanya. Ariansyah menamambahkan, pemerintah telah menetapkan HET untuk komoditas beras kualitas medium dan premium, dalam upaya untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengendalikan tingkat inflasi.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU: Verifikasi Caleg Akan Diselesaikan Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan verifikasi administrasi calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI pada Sabtu (21/7) malam hari...

Gempa Sumbar Sebabkan 12 Rumah Rusak

AROSUKA, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala...
Gempa

Solok dan Dharmasraya Juga Rasakan Gempa Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB juga dirasakan di Solok...

Masyarakat Berlarian ke Luar Rumah Saat Terjadi Gempa di Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID- Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) kembali menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB setelah sebelumnya kota itu...
gempa

Gempa Sumbar Tewaskan Satu Orang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Lubuk Silasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, bernama Bustami (63) meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumahnya...