BPS: Kenaikan Pertalite Picu Laju Inflasi Nasional April

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áKenaikan tarif Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di beberapa wilayah sebesar Rp200 per liter pada 24 Maret 2018 diperkirakan akan mengerek naik laju inflasi nasional pada April 2018, kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto.

Suhariyanto di Jakarta, Senin (2/4), mengatakan bobot bahan bakar, termasuk Pertalite di dalamnya, mencapai 3,39 persen terhadap inflasi secara umum. Tekanan dari harga Pertalite juga timbul karena terjadi pergeseran mayoritas konsumsi masyarakat dari Premium ke Pertalite.

“Kalau melihat kenaikan Pertalite di akhir bulan lalu, bulan depan Pertalite juga masih mempunyai andil terhadap inflasi, karena kan masih terasa dampaknya,” kata dia.

Di Maret 2018 ini, dampak kenaikan Pertalite yang baru dilakukan akhir Maret 2018, ditambah dampak kenaikan Pertamax dan Pertamax Turbo di kisaran Rp300 per liter memberikan andil inflasi 0,04 persen terhadap inflasi secara umum yang sebesar 0,2 persen di Maret 2018.

“Kenaikan Pertalite juga akan berpengaruh terhadap logistk karena komposisinya sekarang Pertalite (konsumsinya) yang paling besar. Mudah-mudahan kenaikannya tidak terjadi lagi,” kata Kepala BPS.

Dengan komponen terbesar konsumsi bahan bakar, kenaikan Pertalite juga dapat menaikkan harga pangan, karena kenaikan harga Pertalite akan menaikkan tarif jasa distribusi pangan.

Pada Maret 2018, Suhariyanto memberikan gambaran, kenaikan tarif Pertalite menjadi salah satu pengeluaran yang mempengaruhi inflasi inti yang sebesar 0,1 persen.

“Kita harus lihat di inflasi intinya. Paling besar bulan ini 0,1 persen yang tercover di sana ada upah mandor dan emas. Artinya, kecil-kecil tapi menyebar rata terhadap komoditas. Kita perlu melihat berapa jauh dampaknya,” jelasnya.

Selain kenaikan harga Pertalite, BPS juga mengingatkan harga sebagian bahan makanan masih akan bergejolak karena perubahan cuaca.

Sementara, tekanan pengeluaran dari harga beras akan menurun di April 2018, karena musim panen yang membuat pasokan lebih terjaga.

Pada Maret 2018, inflasi bulanan sebesar 0,20 persen sehingga inflasi tahun kalender mencapai 0,99 persen (year to date) dan inflasi tahun ke tahun (year on year) mencapai 3,4 persen. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER