Anggota DPR Sebut Beberapa Calon Tidak Layak Menjadi DK OJK

0
149
Mukhamad Misbakhun.

JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mempertanyakan langkah sejumlah pejabat industri keuangan yang mencalonkan diri untuk duduk sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK).

Dua calon DK OJK, Sigit Pramono dan Agus Santoso, dijelaskan Misbakhun adalah orang yang sebelumnya menolak kehadiran OJK.

“Dari file-file yang saya baca, mereka tidak setuju dengan pembentukan OJK,” kata politisi Partai Golkar ini.

Lebih lanjut Misbakhun menilai para pejabat keuangan yang mencalonkan diri dalam perebutan kursi DK OJK ini hanyalah sekedar memburu jabatan.

“Ketika mereka menginginkan jabatan, mereka kemudian melamar jadi OJK. Dari 14 calon DK OJK, orang seperti itu tidak pantas jadi OJK,” ungkapnya.

Misbakhun juga menyampaikan bahwa pada saat uji kelayakan dan kepatutan nanti, ia ingin menanyakan apa tujuan para pejabat tersebut ingin memimpin OJK.

Selain itu, lanjut Misbakhun, Komisi XI DPR RI akan mengundang Panitia Seleksi Calon Anggota DK OJK untuk memberikan penjelasan perihal proses seleksi dari pendaftar menjadi calon anggota DK OJK. “Komisi XI ingin meminta penjelasan, soal proses seleksi dan pertimbangan memilih pendaftar menjadi calon,” katanya.

Sebagaimana diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan susunan nama-nama calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada akhir Maret lalu.

Dalam lampiran Surat Presiden Nomor R-18/Pres/03/2017 tertanggal 22 Maret 2017, Jokowi mencantumkan 14 nama calon DK OJK dengan susunan sebagai berikut;

1. Ketua:
– Wimboh Santoso
– Sigit Pramono

2. Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik:
– Agus Santoso
– Riswinandi

3. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan:
– Heru Kristiyana
– Agusman

4. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal:
– Nurhaida
– Arif Baharudin

5. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya:
– Edy Setiadi
– Hoesen

6. Ketua Dewan Audit:
– Haryono Umar
– Ahmad Hidayat

7. Anggota bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen:
– Tirta Segara
– Firmanzah

EDITOR: Harun S

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU