Akhir Pekan Rupiah Perkasa, Dolar Pun Dilibas Jadi Rp14.940

0
20
  • 18
    Shares
(ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (2/11) rupiah menunjukkan keperkasaan dengan menaklukan dolar AS sehingga ditransaksikan pada penutupan perdagangan di pasar spot Jakarta menjadi Rp14.940 per dolar AS.

Penguatan rupiah telah terasa sejak pembukaan perdagangan Jumat pagi, dimana dolar langsung dilibas di Rp15.086 per dolar AS dibandingkan penutupan Kamis (1/11) yang masih di Rp15.127 per dolar AS.

Pantauan SERUJI di situs perdagangan valas Bloomberg, sepanjang Jumat ini rupiah ditransaksikan dari rentang Rp14.955 sampai dengan Rp15.100 per dolar AS.

Loading...

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, mengatakan adanya penguatan euro yang mampu mengimbangi apresiasi dolar AS seiring dengan sentimen internal di Uni Eropa cukup memberikan sentimen positif bagi terapresiasinya rupiah.

“Masih adanya sejumlah sentimen positif, selain daripada inflasi juga diharapkan dapat membantu penguatan rupiah,” ujar Reza.

Laju rupiah sebelumnya mampu mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan tersebut di atas perkiraan sebelumnya. Rilis inflasi Oktober yang berada di angka 0,28 persen (month on month) dianggap masih rendah sehingga memberikan sentimen positif pada rupiah.

(ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU