Ketimpangan Indonesia Keenam Terburuk di Dunia


JAKARTA – Meski menurun sejak tahun 2014 lalu, tingkat ketimpangan pendapatan di Indonesia masih tergolong tinggi. Bahkan, Oxfam dan International NGO Forum on Indonesia Development (INFID) melaporkan, tingkat ketimpangan Indonesia berada pada posisi keenam terburuk di dunia.

Juru Bicara Oxfam Indonesia Dini Widiastuti menjelaskan, 1 persen orang terkaya Indonesia menguasai 49 persen total kekayaan pada tahun 2016. Sementara 10 persen orang terkaya, menguasai 77 persen total kekayaan.

Lebih lanjut menurutnya, empat miliader paling kaya di Indonesia memiliki kekayaan USD 25 miliar lebih banyak dari total kekayaan 100 juta penduduk miskin yang digabungkan hanya mencapai USD 24 miliar.

Sementara total kekayaan 40 persen penduduk paling miskin di Indonesia kalau digabungkan hanya mencapai 1,4 persen dari total kekayaan nasional.

“Orang paling kaya di Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menghabiskan kekayaannya bila ia berbelanja USD 1 juta per hari,” kata dia kepada media di Hotel Aryaduta, Kamis (23/2).

Bahkan, bahkan bunga yang didapat dari kekayaan orang terkaya Indonesia mencapai seribu kali jumlah uang yang dibelanjakan penduduk miskin selama setahun. Oleh karena itu, jumlah uang yang dihasilkan setiap tahunnya dari orang terkaya tersebut cukup untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Mengutip data terbaru Forbes, Kamis (23/2), empat miliarder terkaya di Indonesia antara lainĀ  R. Budi Hartono pemilik Grup Djarum dengan kekayaan tercatat USD 8,1 miliar.

Kakak Budi Hartono, Michael Hartono menduduki posisi kedua, mendulang kekayaan dari Grup Djarum dan Bank Central Asia, dengan kekayaan USD 7,9 miliar.

Di posisi ketiga, Chairman CT Corp Chairul Tanjung bertengger dengan kekayaan USD 4,6 miliar Keempat, ada Sri Prakash Lohia, juragan petrokimia dan tekstil yang membangun kekayaan USD 4,2 miliar di bawah bendera Indorama Corp.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

close