Ketimpangan Indonesia Keenam Terburuk di Dunia

JAKARTA – Meski menurun sejak tahun 2014 lalu, tingkat ketimpangan pendapatan di Indonesia masih tergolong tinggi. Bahkan, Oxfam dan International NGO Forum on Indonesia Development (INFID) melaporkan, tingkat ketimpangan Indonesia berada pada posisi keenam terburuk di dunia.

Juru Bicara Oxfam Indonesia Dini Widiastuti menjelaskan, 1 persen orang terkaya Indonesia menguasai 49 persen total kekayaan pada tahun 2016. Sementara 10 persen orang terkaya, menguasai 77 persen total kekayaan.

Lebih lanjut menurutnya, empat miliader paling kaya di Indonesia memiliki kekayaan USD 25 miliar lebih banyak dari total kekayaan 100 juta penduduk miskin yang digabungkan hanya mencapai USD 24 miliar.

Sementara total kekayaan 40 persen penduduk paling miskin di Indonesia kalau digabungkan hanya mencapai 1,4 persen dari total kekayaan nasional.

“Orang paling kaya di Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menghabiskan kekayaannya bila ia berbelanja USD 1 juta per hari,” kata dia kepada media di Hotel Aryaduta, Kamis (23/2).

Bahkan, bahkan bunga yang didapat dari kekayaan orang terkaya Indonesia mencapai seribu kali jumlah uang yang dibelanjakan penduduk miskin selama setahun. Oleh karena itu, jumlah uang yang dihasilkan setiap tahunnya dari orang terkaya tersebut cukup untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Mengutip data terbaru Forbes, Kamis (23/2), empat miliarder terkaya di Indonesia antara lainĀ  R. Budi Hartono pemilik Grup Djarum dengan kekayaan tercatat USD 8,1 miliar.

Kakak Budi Hartono, Michael Hartono menduduki posisi kedua, mendulang kekayaan dari Grup Djarum dan Bank Central Asia, dengan kekayaan USD 7,9 miliar.

Di posisi ketiga, Chairman CT Corp Chairul Tanjung bertengger dengan kekayaan USD 4,6 miliar Keempat, ada Sri Prakash Lohia, juragan petrokimia dan tekstil yang membangun kekayaan USD 4,2 miliar di bawah bendera Indorama Corp.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Najmul Akhyar

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.