Ribuan Buruh Turun ke Jalan Peringatan May Day

0
111
May Day
Walikota Batam, HM Rudi di tengah aksi May Day 2017 di Batam, Senin, 1/5/2017. (Foto: Dwi Supriyadi/Seruji)

BATAM – Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja melakukan aksi peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia di Batam, hari ini Senin (1/5).

Para buruh yang turun aksi tersebut tergabung dalam berbagai serikat pekerja, diantaranya Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI), Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan (FSP Farkes), dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) kota Batam.

Dalam aksi yang digelar di depan Kantor Walikota Batam tersebut, peserta aksi membawa 5 tuntutan yang ditujukan kepada pemerintah. Kelima tuntutan tersebut mereka sebut HOSJATUM.

HOSJATUM adalah singkatan dari HOS (hapus outsourching & pemagangan); JA (jaminan sosial, jaminan kesehatan gratis tanpa iuran); Revisi PP 45/2015 tentang jaminan pensiun. Dana pensiun buruh harus sama dengan PNS/TNI Polri yaitu 60% dari upah terakhir; TUM (tolak upah murah) dengan mencabut PP 78/2015 tentang pengupahan; Meminta pemerintah untuk segera membuat SK UMSK 2017.

Peserta aksi merasa lega karena tuntutan mereka ditanggapi langsung oleh Walikota Kota Batam, HM Rudi. Rudi meminta kepada serikat buruh untuk rapat bersama dengan pemerintah Batam pada hari Rabu (3/5) mendatang, untuk membahas tuntutan para pekerja.

“Kalau ada pembahasan maupun rapat terkait tuntutan, saya ataupun Wakil (Walikota), Bapak Amsakar minta dilibatkan. Biar tahu persoalannya bagaimana dan seperti apa,” kata Rudi.

Di akhir aksi, para buruh memberikan kenang-kenangan kepada Walikota Batam berupa baju bertemakan MayDay, sebagai bentuk apresiasi karena Walikota mau menanggapi tuntutan buruh.

 

EDITOR: Harun S

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU