Kodim Pariaman Bagikan File Film G30S/PKI ke Masyarakat

PARIAMAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman Sumatera Barat akan membagikan file film “Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI” kepada masyarakat untuk mengingat dan mengetahui sejarah pada masa itu.

“Masyarakat silakan berkoordinasi dengan Kodim 0308 Pariaman jika ingin memperoleh dokumen film tersebut untuk kembali diputar sehingga semua elemen dapat menyaksikannya,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0308 Pariaman Letkol Arh. Hermawansyah di Pariaman, Sabtu (23/9), usai menonton bareng pemutaran film G-30-S/PKI.

Ia mengatakan bahwa saat ini banyak masyarakat dari berbagai elemen yang ingin melihat dan menyaksikan langsung pemutaran film pengkhianatan tersebut.

Menurut dia, tingginya kemauan masyarakat karena pada generasi 1980 hingga 1990-an jarang atau tidak pernah sama sekali menyaksikannya film tersebut.

“Untuk nonton bareng ini, sudah banyak pihak berkoordinasi dengan Kodim. Sebenarnya, banyak yang memiliki keinginan, seperti walinagari, kepala desa, pondok pesantren, dan sekolah. Namun, mereka tidak memiliki dokumen,” katanya.

Ada beberapa poin penting yang dapat diambil oleh generasi muda, umumnya masyarakat, terkait dengan pemutaran film tersebut, diantaranya masyarakat kembali dan mengetahui tentang sejarah, harus waspada tentang kebangkitan PKI, menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa, dan sepakat bahwa ideologi bangsa adalah Pancasila.

“Tidak ada yang lebih cocok dari ideologi Pancasila di Indonesia dengan berbagai keberagaman yang ada,” katanya.

Di wilayah teritorial Kodim 0308 Pariaman, kata dia, tidak ada ditemukan indikasi kebangkitan atau pun pergerakan PKI.

Ia juga menekankan bahwa jangan sampai ada pihak yang berniat dan melakukan pergerakan secara diam-diam maupun nyata untuk membangkitkan kembali paham terlarang tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.