Kodim Pariaman Bagikan File Film G30S/PKI ke Masyarakat

0
162
G30S/PKI
Poster film "Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI" produksi tahun 1984.

PARIAMAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman Sumatera Barat akan membagikan file film “Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI” kepada masyarakat untuk mengingat dan mengetahui sejarah pada masa itu.

“Masyarakat silakan berkoordinasi dengan Kodim 0308 Pariaman jika ingin memperoleh dokumen film tersebut untuk kembali diputar sehingga semua elemen dapat menyaksikannya,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0308 Pariaman Letkol Arh. Hermawansyah di Pariaman, Sabtu (23/9), usai menonton bareng pemutaran film G-30-S/PKI.

Ia mengatakan bahwa saat ini banyak masyarakat dari berbagai elemen yang ingin melihat dan menyaksikan langsung pemutaran film pengkhianatan tersebut.

Menurut dia, tingginya kemauan masyarakat karena pada generasi 1980 hingga 1990-an jarang atau tidak pernah sama sekali menyaksikannya film tersebut.

“Untuk nonton bareng ini, sudah banyak pihak berkoordinasi dengan Kodim. Sebenarnya, banyak yang memiliki keinginan, seperti walinagari, kepala desa, pondok pesantren, dan sekolah. Namun, mereka tidak memiliki dokumen,” katanya.

Ada beberapa poin penting yang dapat diambil oleh generasi muda, umumnya masyarakat, terkait dengan pemutaran film tersebut, diantaranya masyarakat kembali dan mengetahui tentang sejarah, harus waspada tentang kebangkitan PKI, menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa, dan sepakat bahwa ideologi bangsa adalah Pancasila.

“Tidak ada yang lebih cocok dari ideologi Pancasila di Indonesia dengan berbagai keberagaman yang ada,” katanya.

Di wilayah teritorial Kodim 0308 Pariaman, kata dia, tidak ada ditemukan indikasi kebangkitan atau pun pergerakan PKI.

Ia juga menekankan bahwa jangan sampai ada pihak yang berniat dan melakukan pergerakan secara diam-diam maupun nyata untuk membangkitkan kembali paham terlarang tersebut.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU