Petani Probolinggo Mulai Tanam Tembakau

PROBOLINGGO, SERUJI.CO.ID – Petani di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mulai menanam tembakau pekan ini yang disesuaikan dengan permintaan jadwal tanam dari pabrikan rokok di wilayah setempat.

“Sesuai dengan sosialisasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan pabrikan rokok, masa tanam tembakau dimulai 25 Mei hingga 30 Juni 2018,” kata Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Probolinggo Achmad Mudzakir di Probolinggo, Sabtu (26/5).

Ia mengatakan para petani mulai menanam tembakau pekan ini, namun ada juga petani yang sudah menanam tembakau lebih dulu yakni di Desa Bucor Wetan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo.

“Petani sudah rampung menyiapkan lahan, sehingga mereka tinggal menunggu waktu dan tanam saja, namun pekan ini ada juga yang masih dalam proses pengolahan lahan tembakau,” tuturnya.

Dengan masa tanam itu, lanjut dia, diperkirakan panen tembakau akan berlangsung mulai pertengahan Agustus hingga akhir September 2018 dan saat itu juga pabrikan rokok membuka pintu penyerapan tembakau dari petani.

“Diprediksi Agustus sampai September 2018 merupakan puncak musim kemarau, sehingga otomatis kadar air tembakau rendah dan berdampak pada kualitas tembakau yang bagus. Hal itu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan petani,” katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan permintaan dari pabrikan, luas areal tanam tembakau tahun 2018 ditetapkan 10.774 hektare atau sama dengan target areal tanam tahun sebelumnya dengan asumsi produksi sebanyak 12.929 ton atau setara dengan 1,2 ton per hektare.

“Tahun lalu realisasi tanam tembakau hanya 7.900 hektare, namun kami optimistis bahwa realisasi tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, bahkan bisa saja melebihi target luas aeral tanam yang ditetapkan karena cuacanya bagus,” ujarnya.

Di Kabupaten Probolinggo tercatat tujuh kecamatan sentra pertanian tembakau yakni Kecamatan Paiton, Pakuniran, Besuk, Kotaanyar, Gading, Kraksaan, dan Krejengan, namun ada beberapa desa di Kecamatan Maron dan Pajarakan yang mulai berminat menanam tembakau, sehingga tidak menutup kemungkinan sentra pertanian tembakau di Probolinggo bertambah menjadi sembilan kecamatan.

“Harga jual tembakau tahun lalu bagus di kisaran Rp28 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram tembakau kering. Jika rata-rata harga Rp35 ribu saja dan produksinya mencapai 1 ton, maka pendapatan petani mencapai Rp35 juta per hektare,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER