Pemkab Probolinggo Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

PROBOLINGGO, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur memastikan stok pangan di wilayah setempat aman menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Isu ketersediaan dan kenaikan bahan pangan selalu menjadi sorotan menjelang hari besar keagamaan dan nasional, terutama menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Probolinggo Santoso di Probolinggo, Rabu (18/4).

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan sebuah koordinasi antarpihak dengan tujuan mengantisipasi ketersediaan stok pangan dan upaya menyetabilkan harga bahan pokok untuk kebutuhan sebelum dan sesudah bulan suci Ramadhan.

“Biasanya permintaan bahan pokok akan tinggi menjelang bulan puasa dan Lebaran. Tingginya permintaan itulah biasanya bersamaan dengan harga yang cenderung naik tanpa bisa dibendung, sehingga Pemkab Probolinggo harus memberikan kepastian dengan cara mengintervensi,” tuturnya.

Menurutnya intervensi dari pemerintah daerah dilakukan dengan memberikan kepastian kepada para pedagang untuk tidak bermain dengan harga yakni harga bahan pokok yang dijual kepada masyarakat harus dijual dengan harga yang telah diatur oleh pemerintah.

“Dari paparan yang disampaikan para pengusaha dan pedagang, maka bisa dipastikan bahan pokok dan bahan penting lainnya di Kabupaten Probolinggo aman. Jaminan itu diberikan oleh para penyedia dan distributor bahan pokok, serta sekaligus kepastian tidak ada permainan harga,” katanya.

Ia mengatakan Pemkab Probolinggo sudah menggelar rapat koordinasi ketersediaan bahan pangan dan barang penting lainnya bersama sejumlah pengusaha bahan pokok dan bahan pangan lainnya di auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (16/4).

Rapat koordinasi itu diikuti oleh 500 orang peserta terdiri dari organisasi perangkat daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Bagian Administrasi Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan sejumlah distributor bahan pokok lainnya.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi itu, Pemkab Probolinggo memastikan bahwa stok bahan pokok dan barang penting lainnya aman menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER