Pemkab Jember Sidak Produk Ikan Makarel

JEMBER, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan dari organisasi perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (3/4) melakukan inspeksi mendadak terhadap produk ikan makarel yang mengandung parasit cacing di sejumlah pertokoan.

Tim gabungan tersebut dibagi menjadi dua tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Satuan Polisi Pamong Praja, UPT Perdagangan Konsumen, dan Polres Jember melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pertokoan di kawasan kota.

“Hari ini kami ingin mengecek apakah masih ada produk ikan kaleng makarel yang diletakkan di etalase dan dijual kepada konsumen,” kata Kasi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Jember Widjayaningsih di sela-sela inspeksi mendadak di Jember.

BPOM telah melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merek dan hasil pengujian menunjukkan 27 merek (138 bets) produk ikan makarel positif mengandung parasit cacing yang terdiri dari 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri.

Dominasi produk yang mengandung parasit cacing adalah produk impor dan produk dalam negeri yang bahan bakunya berasal dari impor, sehingga tim gabungan Pemkab Jember menindaklanjuti temuan BPOM tersebut untuk melakukan penarikan ikan makarel dalam kaleng yang mengandung parasit cacing di Kabupaten Jember.

“Disperindag Jember juga sudah mengeluarkan surat edaran kepada pelaku usaha untuk segera menarik ikan makarel dalam kemasan kaleng yang mengandung parasit cacing sesuai surat BPOM RI tertanggal 2 April 2018,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, tim monitoring pembinaan dan pengawasan makanan Kabupaten Jember turun ke lapangan untuk mengecek apakah pihak toko sudah menarik produk ikan makarel dalam kemasan kaleng yang mengandung parasit cacing atau belum.

“Untuk di Golden Market yang sudah dilakukan inspeksi tidak ditemukan produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing karena pihak pengelola sudah menarik lebih dulu, sehingga diharapkan semua toko dan pasar modern di Jember melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Apabila masih ditemukan di sejumlah toko, lanjut dia, Dinkes Jember akan menarik produk tersebut dan menyerahkan barang tersebut kepada Polres Jember untuk diproses sesuai dengan aturan.

Sebanyak 27 merek produk ikan kaleng atau ikan makarel yang mengandung parasit cacing sesuai penjelasan BPOM yakni ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, DR Fish, Farmerjack, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Jojo, Kings Fisher, LSC, Maya, Nago/Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Ranesa, S&W, Sempio, TLC, dan TSC.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER