Pelantikan AMSI Jawa Timur, Pakde Karwo Dorong Pemberantasan Hoaks

0
19
  • 6
    Shares
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus AMSI Jatim periode 2017-2020, di Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). (foto:SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendorong insan pers khususnya pelaku media siber, ikut memberantasan penyebaran hoaks dengan membantuk help desk untuk melakukan pengecekan kebenaran berita.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Pakde ini saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur periode 2017-2020 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8).

“Profesionalisme AMSI harus ditegakkan. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kebenaran informasi,” kata Pakde dihadapan pengurus ASMI yang baru dilantik dan tamu undangan.

Loading...

Pada kesempatan itu, Pakde menyampaikan perlunya media siber melakukan apraisal atau penilaian atas anggotanya, sehingga bisa profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Harus ada apraisal menurut disiplinnya media siber ini. Misalkan profesionalismenya, kompetensinya, juga disyaratkan harus ada yang ngontrol dan kemudian memastikan yaitu berita ini benar, AMSI harus jadi pelopor,” ujarnya.

Diskusi pada acara pelantikan pengurus AMSI Jatim periode 2017-2020, di Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). (foto:SERUJI)

Pada kesempatan tersebut, Seokarwo juga mengapresiasi program kerja pengurus AMSI yang akan melatih para anggotanya yang terdiri dari berbagai media siber untuk bisa melakukan pengecekan kebenaran atau fakta suatu berita.

“Pengecekan fakta itu benar, bagus, seperti yang sudah dilakukan media. Perlu semua bisa melakukan pengecekan fakta, apakah berita itu benar atau tidak,” imbuh Pakde.

Turut hadir diacara pelantikan tersebut; Pengurus AMSI Pusat, Persatuan Humas Indonesia perwakilan Jawa Timur, PWI Jatim, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), perwakilan dari Polda Jatim, perwakilan Kodam V Brawijaya, dan Satuan Kerja di lingkungan Pemprov Jatim.

Pengurus AMSI yang dilantik berdasarkan SK Nomor:  04/INT/SK/PENGNAS/AMSI/XI/2017 ditandatangani Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut;

Ketua  :Arief Rahman (lensaindonesia.com)
Wakil Ketua I : Budi Sugiharto (jatimnow.com)
Wakil Ketua II :Miftahul Ulum (bisnis.com)
Wakil Ketua III :Sefdin Syaifuddi (kabarbisnis.com)
Wakil Ketua IV :Dhimas Ginanjar (jawapos.com)

Sekretaris: Tri Mulyono(suryaonline.com)
Wakil Sekretaris I :Zulham Mubarak (nukita.id)
Wakil SekretarisII :Iping Supingah (suarasurabaya.net)

Bendahara  : Saptini Darmaningrum (beritajatim.com)
Wakil BendaharaI : Dian Kurniawan (liputan6.com)
Wakil BendaharaII :Nurul Arifin (okezone.com)

Bidang Organisasi dan Keanggotaan
Ketua :Masdarul (sindonews.com)

Bidang Dana dan Usaha
Ketua :Choirul Anwar (Josstoday.com)

Bidang Hukum dan Advokasi
Ketua:Fathur Rahman Said (maduracorner.com)

Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan
Ketua :Prihadi (metrotvnews.com)

Bidang Hubungan Eksternal
Ketua :Adi Sasono(tribunjatim.com)

Koordinator Daerah (Korda)
Surabaya Raya: Ferry Koto (seruji.co.id)
Malang Raya: Shohibul Hujjah (kabarpas.com)
Mataraman: Muhammad Abdul Qohhar (blokbojonegoro.com)
Madura: Esa Arif (mediamadura.com)

(Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU