Menaker Dorong Pengembangan Usaha Rokok Lokal

PAMEKASAN, SERUJI.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mendorong pengembangan usaha rokok lokal dan berbagai jenis usaha mikro, kecil, dan menengah lainnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memperluas lapangan pekerjaan.

“Usaha sektor UMKM seperti ini memiliki peran penting dalam ikut menyerap tenaga kerja, dan secara otomatis juga bisa mengurangi pengangguran,” ujar Hanif Dhakiri saat berkunjung ke perusahaan rokok lokal UD Sumber Duniaku di Dusun Berruh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (21/5).

Perusahaan rokok lokal yang berjarak sekitar 7 kilometer kearah utara Pamekasan tersebut, merupakan satu dari 48 perusahaan rokok lokal yang ada di Pamekasan.

“Industri-industri seperti ini yang terus kita dorong. Pemkab perlu terus melakukan pembinaan,” ucap Hanif.

Menaker datang ke perusahaan rokok lokal itu bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Pamekasan Arif Handayani, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Menaker melihat secara langsung proses produksi rokok lokal itu, hingga pengepakan, dan perusahaan rokok ini merupakan perusahaan rokok legal yang berpita cukai.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Pamekasan, awalnya jumlah perusahaan rokok lokal di Kabupaten Pamekasan sebanyak 378 perusahaan, tersebar di 13 kecamatan di wilayah tersebut.

Dari jumlah itu, hanya 107 perusahaan yang memiliki izin produksi dan bercukai, sedangkan 272 sisanya belum.

Dalam perkembanganya, banyak perusahaan rokok yang gulung tikar dan karena terkena razia dan hanya tinggal 48 perusahaan, termasuk perusahaan rokok UD Sumber Duniaku di Dusun Berruh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan itu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER