Menaker Dorong Pengembangan Usaha Rokok Lokal

PAMEKASAN, SERUJI.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mendorong pengembangan usaha rokok lokal dan berbagai jenis usaha mikro, kecil, dan menengah lainnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memperluas lapangan pekerjaan.

“Usaha sektor UMKM seperti ini memiliki peran penting dalam ikut menyerap tenaga kerja, dan secara otomatis juga bisa mengurangi pengangguran,” ujar Hanif Dhakiri saat berkunjung ke perusahaan rokok lokal UD Sumber Duniaku di Dusun Berruh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (21/5).

Perusahaan rokok lokal yang berjarak sekitar 7 kilometer kearah utara Pamekasan tersebut, merupakan satu dari 48 perusahaan rokok lokal yang ada di Pamekasan.

“Industri-industri seperti ini yang terus kita dorong. Pemkab perlu terus melakukan pembinaan,” ucap Hanif.

Menaker datang ke perusahaan rokok lokal itu bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Pamekasan Arif Handayani, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Menaker melihat secara langsung proses produksi rokok lokal itu, hingga pengepakan, dan perusahaan rokok ini merupakan perusahaan rokok legal yang berpita cukai.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Pamekasan, awalnya jumlah perusahaan rokok lokal di Kabupaten Pamekasan sebanyak 378 perusahaan, tersebar di 13 kecamatan di wilayah tersebut.

Dari jumlah itu, hanya 107 perusahaan yang memiliki izin produksi dan bercukai, sedangkan 272 sisanya belum.

Dalam perkembanganya, banyak perusahaan rokok yang gulung tikar dan karena terkena razia dan hanya tinggal 48 perusahaan, termasuk perusahaan rokok UD Sumber Duniaku di Dusun Berruh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan itu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER