Kabupaten Sidoarjo Siap Menuju “Universal Health Coverage”

0
83
Kantor Bupati Sidoarjo. (foto:Istimewa)

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, siap menuju “Universal Health Coverage” melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab dengan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo tentang Optimalisasi Kepesertaan Program JKN-KIS.

“Kami berharap dengan adanya kesepakatan bersama ini, kami bersama-sama seluruh jajaran Pemerintah Daerah dapat berlari lebih cepat lagi sehingga paling lambat 31 Desember 2018 seluruh penduduk Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi Peserta JKN-KIS dan kesehatannya lebih terjamin,” kaga Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Sri Mugirahayu, Jumat (26/1).

Dalam keterangan tertulisnya dia mengatakan, hal ini juga merupakan langkah awal Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama-sama dengan seluruh jajarannya dan BPJS Kesehatan menuju Kabupaten Sidoarjo Universal Health Coverage (UHC).

“Kami optimistis dengan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak dan dukungan penuh dari Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Asisten I Kabupaten Sidoarjo dan jajaran OPD terkait, Kabupaten Sidoarjo dapat mencapai Universal Health Coverage sebelum 31 Desember 2018,” ucapnya.

Untuk mendukung tercapainya Universal Health Coverage, lanjut dia, hingga saat ini BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerja sama dengan 26 Puskesmas, 29 Dokter Praktik, 75 Klinik Pratama, 14 Dokter Gigi, 12 Fasilitas Kesehatan TNI/Polri, 9 Apotek Program Rujuk Balik, 9 Optik dan 11 Rumah Sakit.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan terus menambah kerja sama kami dengan fasilitas kesehatan yang ada di Sidoarjo seiring dengan bertambahnya jumlah peserta di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah, Imam Mukri Afandy menjelaskan, program ini merupakan salah satu niat baik yang tentu harus segera ditindaklanjuti.

“Bahkan sebelum adanya Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 pun Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah memiliki kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo dalam rangka Optimalisasi Program JKN di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya Kesepakatan Bersama ini kesejahteraan rakyat Sidoarjo dapat lebih terjamin baik dalam bidang kesehatan maupun pendidikan.

Dari data yang ada, saat ini capaian Kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Sidoarjo hingga saat ini sekitar 72,82 persen dari jumlah total Penduduk Sidoarjo. (Ant/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...