Jalur Kampak-Munjangan Putus Diterjang Longsor

TRENGGALEK, SERUJI.CO.ID – Akses jalan antarkecamatan yang menghubungkan Kecamatan Kampak dengan Munjungan di pesisir selatan Trenggalek, Jawa Timur, Ahad (21/1) dini hari kembali terputus total akibat tertutup guguran longsor sepanjang 200-an meter.

Longsor di Trenggalek ini cukup parah, terakhir kali terjadi pada pertengahan Oktober 2017 sehingga menyebabkan akses lalu lintas terputus selama sehari semalam.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor yang diperkirakan terjadi Ahad dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Pihak kepolisian yang melakukan patroli keamanan di jalur Kampak-Munjungan mendapati guguran longsor sudah menutup seluruh badan jalan menuju Kecamatan Munjungan pada pukul 04.00 WIB.

“Tadi pagi jajaran Polsek Munjungan yang mendapat laporan mengenai longsor di ruas jalan raya Desa Ngadimulyo (Jedeg), perbatasan Munjungan-Kampak langsung melakukan pengecekan dan didapati jalan sudah tertutup total,” tutur Camat Munjungan Rudijanto dikonfirmasi melalui telepon.

Dijelaskan, longsor dipicu oleh hujan deras yang melanda kawasan tersebut selama dua hari terakhir sehingga menyebabkan pergerakan tanah pada lereng tebing sekitar lokasi.

Guguran batu dan longsoran kecil sebelumnya beberapa kali terjadi dan terus dipantau warga bersama petugas. “Dan tadi pagi terjadi longsor besar,” katanya.

Saat ini, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri warga dan relawan dikerahkan untuk melakukan upaya normalisasi.

Namun karena material longsor sangat banyak dan rawan terjadi longsor susulan, petugas memutuskan mendatangkan alat berat guna mempercepat proses normalisasi yang diperkirakan memakan waktu dua hari.

“Alat berat saat ini hanya bisa didatangkan dari bawah, dari arah Trenggalek atau Kampak karena di Munjungan belum memiliki alat berat sendiri yang bisa stand by,” ujar Rudijanto.

Panjang longsoran menurut laporan tim BPBD maupun kepolisian dan TNI mencapai 200-an meter, lebar sekitar tujuh meter dan tinggi atau ketebalan mencapai empat meter.

Hujan masih mengguyur pada Ahad pagi saat tim gabungan datang dengan mengerahkan alat berat guna evakuasi guguran batu bercampur tanah longsoran. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER