H-10 Lebaran Jembatan Widang Bisa Dilalui

LAMONGAN, SERUJI.CO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis Jembatan Widang di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada H-10 Lebaran tahun ini sudah bisa dilalui atau digunakan kembali.

“Direncanakan selesai semuanya 23 Mei setelah semua terpasang rangka bajanya, setelah itu baru pengecoran lantai, sehingga H-10 atau 4 Juni sudah bisa dilewati,” katanya menjawab pers usai meninjau proses Pekerjaan Jembatan Widang, di Babat, Lamongan, Jumat (11/5).

Jembatan Widang atau yang dikenal dengan Jembatan Cincin Lama itu pada Selasa 17 April 2018 lalu ambruk karena tak kuat menahan beban tiga truk bermuatan lebih dan menyebabkan satu korban tewas.

Basuki menyatakan optimistis pekerjaan itu tuntas karena kendalanya hanya pada pemasangan peranca segmen empat, lima dan enam.

“Posisi tiga peranca itu tepat berada di barang bukti berupa rangka jembatan yang jatuh ke Sungai Bengawan Solo. Saya sudah telepon Kapolda dan minta izin untuk dikerjakan terlebih dulu dan disetujui,” katanya.

Baca juga: Jembatan Widang Ambruk, Dua Orang Tewas

Oleh karena itu, kata Basuki, proses pekerjaan bisa diteruskan dan setelah selesai, baru rangka jembatan itu akan dievakuasi.

“Saya kira kepentingan umum dulu, baru kepentingan barang bukti,” kata Basuki.

Basuki juga yakin dalam 10 hari ke depan sisa pekerjaan masih bisa dikejar dan secara persentase untuk pemasangan rangka sudah 50 persen.

Menyinggung tentang biaya perbaikan jembatan itu, Basuki menyebutkan sekitar Rp10-12 miliar dan berasal dari dana darurat Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

“Karena ini urgen, kita kerjakan dulu, nanti mestinya dihitung dengan BPKP,” katanya.

Basuki juga memastikan bahwa pekerjaan itu sudah final sehingga setelah Lebaran tidak ada lagi pekerjaan.

Baca juga: Jembatan Widang Penghubung Lamongan-Tuban Ambruk

Regulasi “overload” Ditanya apa yang akan dilakukan pemerintah agar kejadian seperti ini tak terulang, Basuki menegaskan perlu implementasi regulasi tentang pembatasan muatan berlebih pada angkutan berat (overload).

“Kita akan tegakkan regulasi overload yang sudah ada,” katanya.

Basuki mengaku sudah bertemu dengan pihak terkait seperti Kemenhub, Kakorlantas dan Kemendag.

Hal yang akan dilakukan misalnya pemerintah mungkin tidak lagi memberi izin untuk impor truk bekas besar dan optimalisasi jembatan timbang sejak truk keluar gudang dan lainnya.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moewanto menyebutkan disain jembatan nasional rata-rata untuk kuat menanggung beban 45 ton dengan toleransi satu setengah kalinya. (Ant/SU02) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER